Sabtu

Ulama’ Salaf dan Ulama’ Kholaf

Di dalam agama islam seorang ulama’ digolongkan menjadi dua masa/periode, yaitu periode ulama’ salaf dan ulama’ kholaf. Dari pembagian periode tersebut ulama’ yang bagaimanakah yang masuk pada kriteria golongan atau periode masa ulama’ salaf dan ulama’ yang bagaimanakah yang masuk pada kriteria periode ulama’ kholaf (ulama’ zaman akhir)?
Dalam kitab Tuhfatul Murid dijelaskan, bahwasannya ulama’ yang termasuk masa ulama’ salaf ialah:
1)   Para Nabi
2)   Para Sahabat
3)   Golongan Tabi’in
4)   Golongan Tabi’it Tabi’in (terutama imam dari madzhab empat yaitu Imam Hanafi, Imam Maliki, Imam Syafi’i, dan Imam Hanbali)
Sebagaimana keterangan berikut ini:
Yang dimaksud dengan ulama’ salaf ialah orang-orang yang terdahulu, diantaranya: para nabi, para sahabat dan tabi’in dan tabi’it tabi’in, khususnya imam empat, yang ahli berijtihad, yaitu orang-orang yang membuat kesepakatan larangan untuk keluar dari madzhabnya dalam memberikan fatwa dan hukum. (Tuhfah al-Murid, hal. 125)
Dari pendapat tersebut di atas, bisa disimpulkan bahwasannya siapa saja ulama’ yang hidup setelah masa tabi’it tabi’in (masa imam madzhab empat), semuanya dikategorikan sebagai ulama’ kholaf (ulama’ zaman akhir), berarti kalau berdasarkan perhitungan tahun masa akhir hidup dari imam madzhab empat yang terakhir (Imam Ahmad bin Hanbal lahir di Bagdad Rabi’ulakhir tahun 164 H/780 M, dan wafat Rabi’ulawal tahun 241 H/855 M), maka masa ulama’ salaf kira-kira berakhir sekitar tahun 241 H atau 855 M, dan selebihnya termasuk ulama’ kholaf.
Adapun pendapat yang lain mengatakan bahwasannya masa perubahan (batas) antara abad ulama’ salaf dan kholaf dibatasi dengan masa atau kurun tertentu, sebagaimana pendapat yang berbeda di bawah ini:
  1. Yang dikatakan sebagai ulama’ salaf ialah ulama’ yang hidupnya sebelum tahun 300 hijriyah dan ulama’ kholaf itu ialah ulama’ yang hidup setelah tahun 300 hijriyah.
  2. Ulama’ salaf itu ialah ulama’ yang hidupnya sebelum tahun 400 hijriyah sedangkan ulama’ kholaf itu ialah ulama’ yang hidup setelah tahun 400 hijriyah.
  3. Ulama’ salaf ialah ulama’ yang hidupnya sebelum tahun 500 hijriyah dan ulama’ kholaf itu ialah ulama’ yang hidup setelah tahun 500 hijriyah.
Diterangkan dalam kitab Raudlah al-Ulama’, hal 51.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar