ASMARADANA
Syeh Lemah Bang nayogyani, Prapta ing ari Jumungah, Nuju Ramadlan
wulane, Marengi tanggal ping lima, Kumpule Pra Auliya’, Anedheng
kalaning dalu, Ngrakit papan kang prayoga.
Syeh Lemah Bang menepati janji, Datang pada hari Jum’at, Tepat pada
bulan Ramadlan, Bersamaan dengan tanggal lima, Kumpulnya Para Auliya’,
Pada waktu malam hari, Telah disiapkan tempat yang sepatutnya.
Sakehing Para Wali, Samya paguneman Rahsa, Ing Giri Gajah enggone,
Akarsa musyawaratan, Ing bab masalah tekad, Den waspada ing Hyang Agung,
Wajib sami nyatakena.
Seluruh Para Wali, Hendak membahas masalah Ilmu Rahsa (Ilmu Sejati),
Di Giri Gajah tempatnya, Mengadakan musyawarah, Tentang pencapaian
masing-masing, Akan kebenaran Hyang Agung (Maha Agung), Untuk saling
dinyatakan kepada semua yang hadir.
Kang samya angulah ilmu, Lamun bijaksaneng driya, Dadi wijang
sayektine, Tan beda lan puruhita, Mungguh Rahsaning rasa, Pralambanging
pasang semu, Tan liyan saking punika.
Mereka yang tengah mendalami Ilmu (Sejati), Apabila tajam
kesadarannya, Akan terang pemahamannya, Begitulah orang yang berguru
mendalami Ilmu (Sejati), Menyibak pusat rasanya rasa, Menguliti segala
perlambang dan simbolisme, Hanya dengan demikian intisari (esensi)nya
bisa didapatkan.
Nadyan akeh kang wewisik, Wosing wasana wus ana, Mung kari met
pratikele, Ing sawurira pepekan, Kangjeng Sinuhun Benang, Ingkang miwiti
karuhun, Lan Sunan Kalijaga.
Walaupun banyak wejangan (berbagai metode dan konsep), Intisari
(esensi)-nya pasti sama, Tinggal bagaimana kesadaran kita mampu
menangkapnya, Setelah genap semua yang hadir, Kangjeng Sinuhun Benang,
Yang memulai, Lantas Sinuhun Kalijaga.
Sunan Cirebon lan kang rayi, Padha nerang Syeh Lemah Bang, Lan Sunan
Majagung-e, Suhunan Ing Banten, Lawan Suhunan Giri Gajah, Samya agunem
ing ilmu, Jenenge masalah tekad.
Kemudian Sunan Cirebon (Sunan Gunungjati) dan adik beliau, Tengah
membicarakan cara menghadapi Syeh Lemah Bang, Juga Sunan Majagung,
Sinuhun Banten, Dipimpin oleh Sunan Giri Gajah, Hendak membahas Ilmu
(Sejati), Mengungkapkan pencapaian masing-masing.
Jeng Sinuhun Ratu Giri, Amiwiti angandika, He sanak manira kabeh,
Pratingkahe wong makripat, Aja dadi parbutan, Dipun sami ilmunipun,
Padha peling pinelingan.
Jeng Sinuhun Ratu Giri, Memulai pembicaraan, Hai saudaraku semuanya,
Etika manusia yang telah mencapai Ma’rifat (Pencapaian spiritual
tertinggi), Tidak pantas jika saling berebut benar, Maka dari itu mari
satukan pendapat, Dan saling ingat mengingatkan.
Wong wewolu dadi siji, Aja na kang kumalamar, Dipun rujuk ing
karepe, Den waspada ing Pangeran, Nenggih Sinuhun Benang,Ingkang miwiti
karuhun, Amedhar ing pangawikan.
Semua Wali harus menyatu, Jangan berbantahan sendiri-sendiri,S
atukan pendapat kita, Tentang kebenaran Tuhan (yang telah kita capai
masing-masing), Lantas Sinuhun Benang, Memulai pertama kali,
Menyampaikan pencapaian spiritual beliau.
Ing karsa manira iki, Iman tokid lan makripat, Weruh ing
kasampurnane, Lamun masiha makripat, Mapan durung sampurna, Dadi batal
kawruhipun, Pan maksih rasa rumasa.
Menurut pendapatku, Tingkatan Iman (Keyakinan), Taukhid (e-Esa-an),
dan Ma’rifat (Melihat Kebenaran Sejati), Masih harus ditambah lagi satu
tingkatan yaitu MENYADARI KESEMPURNAAN SEJATI, Apabila masih dalam
tingkat Ma’rifat, Belumlah sempurna, Karena masih sekedar ‘MELIHAT’,
belum ‘MENYADARI’. Sehingga masih mengira-ngira.
Sinuhun Benang ngukuhi, Sampurnane wong makripat, Suwung ilang
paningale, Tan ana kang katingalan, Iya jenenging tingal, Manteb
Pangeran Kang Agung, Kang anembah kang sinembah.
Sinuhun Benang meyakini benar, Kesempurnaan Ma’rifat, Kosong Hilang
Penglihatan makhluk, Tiada lagi yang terlihat, Karena keadaan sang
pelihat, Hanya ‘MELIHAT’ PANGERAN KANG AGUNG (TUHAN YANG AGUNG), (Tiada
lagi terlihat lain, kecuali hanya) Yang Menyembah dan Yang Disembah.
Pan karsa manira iki, Sampurnane ing Pangeran, Kalimputan salawase,
Tan ana ing solahira, Pan ora darbe seja, Wuta tuli bisu suwung, Solah
tingkah saking Allah.
Jelasnya maksudku (Sunan Benang) ini, Kesempurnaan Sejati, Adalah
terliputi selamanya ( oleh Dzat-Nya ), Tiada lagi gerak (makhluk), Tiada
lagi kehendak (makhluk), Buta tuli bisu kosong (kemakhlukan kita), Dan
segala gerak dan kehendak hanya dari Allah.
Sinuhun Benang anuli, Ngandikani Wali samya, Heh sanak manira kabeh,
Punika kekasih alam, Yen mungguh ing manira, Jenenge Roh semunipun, Ing
Roh-e Nabi Muhammad.
Lantas Sinuhun Benang, Menanyakan kepada Para Wali, Wahai saudaraku
semua, Inilah Kekasih Semesta, Yang ada didalam diri kita semua, Yaitu
Ruh kita ini, Dan nama Ruh kita sebenarnya adalah Muhammad (Yang
Terpuji).
Ora beda ing Roh iki,Yen sedya mutabangatan,Tan beda ing
panunggale,Kadya paran karsandika,Matur Wali sadaya,Boten sanes kang
winuwus,Sampun atut sabda Tuwan.
Tiada beda semua Ruh itu, Apabila diperbandingkan, Tak ada beda satu
sama lainnya, Bagaimanakah pendapat saudaraku semua? Menjawab semua
Wali, Sudah benar apa yang anda yakini, Kami semua sependapat.
Pundi kang ingaran Nabi, Jenenge Roh ing semunya, Mapan iku
kekasihe, Sadurunge jagad dadi, Mapan jinaten tunggal, Den dadekaken
karuhun, Kang minangka kanyatahan.
Manakah sesunguhnya yang dinamakan Nabi “Muhammad”, Sesungguhnya
adalah nama dari Ruh, Itulah Kekasih Allah, Sebelum semuanya tercipta,
Berada dalam Jinaten Tunggal (Kesejatian Tunggal/ Jadi Satu dengan
Allah), Lantas ditiupkan dahulu, Sebagai perwujudan Allah.
Sinuhun Majagung nenggih, Amedhar ing pangawikan, Ing karsa manira
dene, Iman Tokid lan Makripat, Tan kocap ing akherat, Mung padha
samengko wujud, Ing akherat ora ana.
Sinuhun Majagung kemudian,Menyampaikan pencapaian spiritual beliau,
Menurut pendapatku (Sunan Majagung), Iman (Keyakinan), Taukhid (
Ke-Esa-an ) dan Ma’rifat ( Pencapaian tertinggi spiritual), Tidak ada
gunanya di akherat (kata akherat maksud Sunan Majagung adalah PUNCAK
SPIRITUAL red) nanti, Hanya dibutuhkan pada saat ini saja ( Termasuk
konsep belaka), Di akherat tidak ada.
Nyatane Kawula Gusti, Iya kang muji kang nembah, Apan mangkono
lakone, Ing akherat ora ana, Yen tan anaa Iman, Tan weruh Jatining Ilmu,
Ora cukup dadi janma.
Wujud nyata Kawula (Hamba) dan Gusti (Tuhan) hanya ada didunia
ini,Terlihat memuji dan menyembah,Padahal sesungguhnya, Di akherat tidak
terlihat Dua (maksudnya Kawula dan Gusti. Intinya Sunan Majagung hendak
berkata Kawula dan Gusti itu SATU, tapi sama seperti Sunan Benang,
beliau juga tidak terang-terangan red), Apabila tidak mempunyai Iman
(Keyakinan) tentang hal ini, Tidak akan tahu Kesejatian Ilmu,tidak
lengkap menjadi manusia.
Jeng Sunan Ing Gunungjati, Amedhar ing pangawikan, Jenenge Makripat
mengko, Awase marang Pangeran, Tan ana ingkang liyan, Tan ana roro telu,
Allah pan amung kang Tunggal.
Jeng Sunan Gunungjati, Menyampaikan pencapaian spiritual beliau,
Sesungguhnya Ma’rifat itu, Penglihatannya hanya melihat Tuhan
semata,Tidak ada yang lain lagi selain Dia, Tak ada yang kedua dan
ketiga Hanya Allah Yang Maha Tunggal.
Jeng Sunan Kalijaga ngling, Amedhar ing pangawikan, Den waspada ing
mengko, Sampun ngangge kumalamar,Den awas ing Pangeran, Dadya paran
awasipun, Pangeran pan Ora Rupa.
Sunan Kalijaga berbicara, Menyampaikan pencapaian spiritual beliau,
Sadarlah senantiasa, Jangan sampai tergoyahkan, Senantiasa Menyadari
Adanya Tuhan, Bagaimana cara menyadari-Nya? Bukankah Tuhan tidak
ber-Wujud?
Ora Arah Ora Warni, Tan Ana ing Wujudira, Tanpa Mangsa Tanpa Enggon,
Sejatine Ora Ana, Lamun Ora Ana-a, Dadi jagadipun suwung, Ora Ana
Wujudira.
Tidak ber-Kedudukan disuatu tempat juga Tidak ber-Bentuk, Tidak ada
Wujud-Nya, Tanpa Ruang dan Waktu, Sesungguhnya tidak ada,apabila sudah
tidak ada, Sesungguhnya yang ada hanya kosong, “wujudpun’” sebenarnya
tidak ada/tak berbentuk.
Syeh Benthong samya melingi,Amedhar ing tekadira,Kang aran Allah
Jatine,Tan ana liyan Kawula,Kang dadi kanyatahan,Nyata ing
Kawulanipun,Kang minangka Katunggalan.
Syeh Benthong lantas berkata, Menyampaikan pencapaian spiritual
beliau, Yang disebut Allah sesungguhnya, Tak lain adalah Kawula (Hamba)
ini juga, Yang menjadi KENYATAAN WUJUD-NYA, Benar-benar nyata Ada-Nya
terlihat pada Kawula-Nya, Karena Gusti (Tuhan) dan Kawula (Hamba) adalah
Satu. (Syeh Benthong lebih berani berbicara. Terlihat disini.red)
Kangjeng Molana Maghribi, Amedhar ing pangawikan, Kang aran Allah
Jatine, Wajibul Wujud kang ana, Syeh Lemah Bang ngandika,Aja-na kakehan
semu,IYA INGSUN IKI ALLAH.
Kangjeng Maulana Maghribi,Menyampaikan pencapaian spiritual
beliau,Yang disebut Allah sesungguhnya,WAJIBUL WUJUD (WUJUD YANG HARUS
ADA). (Syeh Maulana Maghribi, tidak mau berbicara dalam Terlihat disini.
red), Dan Syeh Lemah Bang kemudian berkata, Jangan berputar-putar, Iya
Aku ini Tuhan.
Nyata Ingsun kang sejati, Jejuluk Prabu Satmata, Tan ana liyan
Jatine, Ingkang bangsa Allah, Molana Maghribi mojar, Iku jisim aranipun,
Syeh Lemah Bang ngandika.
Nyatalah AKU yang Sejati, Bergelar Prabu Sadmata, Tidak ada lagi
yang lain, Apa yang disebut Allah itu, Maulana Maghribi berkata, Yang
anda tunjuk itu adalah jasad, Syeh Lemah Bang menjawab.
Kawula amedhar ilmi, Angraosi Katunggalan, Dede jisim sadangune,
Mapan jisim ora ana, Dene kang kawicara, Mapan Sejatining Ilmu, Amiyak
warana.
Hamba membuka rahasia Ilmu Sejati, Membahas tentang Kesatuan
Wujud,Tidak membahas Jasad (yang fana), Jasad sudah terlampaui, Yang
saya ucapkan adalah Sejati-nya Ilmu, Membuka Segala Rahasia.
Lan malih sadaya ilmi, Sampun wonten kumalamar, Yekti tan ana
bedane, Salingsingan punapaa, Dening sedya kawula, Ngukuhi jenenging
ilmu, Sakabehe iku padha.
Dan lagi sesungguhnya semua Ilmu, Tidak ada yang berbeda, Sungguh
tiada beda, Sedikitpun tidak, Menurut pendapat hamba, Meyakini
bahwasanya Ilmu itu, Semuanya sama.
Kangjeng Syeh Maulana Maghribi, Sarwi mesem angandika, Inggih leres
ing semune, Puniku dede wicara, Lamun ta kapyarsa-a, Dening wong akathah
saru, Punika dede rerasan.
Kangjeng Syeh Maulana Maghribi, Sambil tersenyum berkata, Benarlah
sesungguhnya apa yang kamu katakan, Akan tetapi itu bukan bahan
pembicaraan, Apabila sampai terdengar, Oleh banyak orang sangat tabu,
Hal itu bukan bahan percakapan.
Tuwan ucapna pribadi, Aja-na wong amiyarsa, Anuksma ing lathi dhewe,
Puniku ujar kekeran, Yen kena-a Tuwan, Amalangi jenengipun, Bok sampun
kadi mangkana.
Ucapkanlah sendiri, Jangan sampai terdengar oleh orang lain, Cukup
terdengar oleh telinga sendiri, Hal itu adalah Sabda larangan, Apabila
bisa, Saya menyarankan, Janganlah seperti itu.
Nenggih Jeng Sunan Giri, Amedhar ing pangawikan, Pasthine Allah
Jatine, Jejuluk Prabhu Sadmata, Sampun wancak wicara, Tan ana
pepadhanipun, Anging Allah Ingkang Tunggal.
Lantas Jeng Sinuhun Giri, Menyampaikan pencapaian spiritual beliau,
Sudah pasti Allah itu sesungguhnya, Bergelar Prabhu Sadmata, Janganlah
semua yang hadir disini sembrono dalam berbicara, Dia tidak ada
bandingannya, Hanya Allah Yang Maha Tunggal.
Ya ta sakathahing Wali, Angestokaken sadaya, Mapan sami ing kawruhe,
Amung sira Syeh Lemah Bang, Tan kena pinalangan, Cinegah Wali sadarum,
Tan owah ing tekade.
Mendengar kata-kata Sunan Giri (yang turun ketingkat syari’at),
Seluruh Wali terdiam dan menta’ati, (Sunan Giri berkata kepada Syeh
Lemah Bang), Hanya kamu wahai Syeh Lemah Bang,Tidak bisa dihalangi,Tidak
bisa dicegah oleh semua Wali, Tetap tak berubah pendapat kamu.
Angandika Syeh Siti Brit, Pan sampun ujar manira, Dennya nututi
kepriye, Dhasare ingkang amedhar, Pamejange maring wang, Puniku wuruking
Guru, Datan kenging ingowahan.
Berkata Syeh Siti Brit, Sudah menjadi tekad hamba, Bagaimanapun
juga, Karena semua itu adalah wejangan, Diwejangkan kepada hamba, Oleh
Guru hamba, Tidak bisa lagi dirubah.
Ameksa tan kena gingsir, Sinuwalan ing ngakathah, Tan kena owah
tekade, Sampun ujar linakonan, Pan wus jangjining Suksma, Sunan Cirebon
ngandika rum, Sampun ta Tuwan mangkana.
Dipaksapun tidak bisa surut, Dibujuk oleh semua Para Wali, Tak pula
berubah tekadnya, Sudah menjadi ucapan umum, Dan sudah menjadi hukum
syariat, Demikian Sunan Cirebon (Sunan Gunungjati) berkata, Janganlah
tuan seperti itu.
Punika ujaring jangji, Yekti binunuh ing kathah, Nenggih sampun ing
khususe, Wong ingkang ngaku Allah, Ngandika Syeh Lemah Bang, Lah mara
Tuwan den gupuh, Sampun ngangge kalorehan.
Sudah ditentukan, Hukumnya adalah dibunuh (Qisas), Khusus bagi
mereka, Yang mengaku Allah, Berkata Syeh Lemah Bang, Segeralah
laksanakan, Jangan ditunda-tunda lagi.
Dhasar kawula labuhi, Ngulati pati punapa, Pan pati iku parenge,
Sarenge sih kawimbuhan, Pan tansah kawisesa, Kang teka jatining suwung,
Ana Kadim ana anyar.
Memang sudah saya niati, Mencari kematian yang bagaimana lagi, Sebab
bersamaan dengan kematian, AKAN DATANG KASIH-NYA, YANG MELIPUTI AKU,
DAN KEKOSONGAN YANG SEJATI AKAN DATANG PADAKU. Tidak perlu disesali
sebab diriku ini memang terdiri dari YANG KEKAL (Ruh) dan YANG FANA
(Nafs dan Jasad).
Ngulati punapa malih, Ora ana liyan-liyan, Apan apes salawase,
Anging Allah Ingkang Tunggal, Ya jisim iya Allah, Taukhid tegese puniku,
Apan Tunggal Kajatennya.
Mau mencari apa lagi? Tidak ada lagi pencapaian yang lebih sempurna
(selain hal ini). Yang fana selamanya pasti akan kembali ke fana, Yang
kekal akan kembali kepada Allah Yang Tunggal, Dan jasadku yang
sesungguhnya adalah Ruh ini, Iya Ruh Iya Allah, Taukhid itu namanya,
Satu kesatuan dalam Kesejatian.
Sakathahe Para Wali, Pra samya mesem sadaya, Miyarsa pamuwuse, Kukuh
tan kena ingampah, Saya banjur micara, Amiyak warananipun, Ora ngangge
sita-sita.
Seluruh Para Wali, Tersenyum semuanya, Mendengar apa yang diucapan
Syeh Siti Jenar, Kokoh tidak bisa digoyahkan, Sangat berani, Membuka
segala rahasia, Dengan tidak segan-segan lagi.
Angaku jeneng pribadi, Andadra dadi rubeda, Ngreribedi wekasane,
Nerang anerak syara’, Rembuge andaliga, Mawali Pra Wali Wolu, Winalon
kurang walaka.
Menyibak Kesejatian Diri-Nya, Keberaniannya membikin masalah,
Menjungkir balikkan syara’ (Hukum), Kata-katanya sangat berani, Dicegah
oleh semua Wali, Namun seolah-olah kurang juga yang mencegah beliau.
Lajeng abubaran sami, Kang Para Wali sadaya, Kondur ing padalemane,
Mung Jeng Sunan Giri Gajah, Kang kawogan anglunas, Kang murang
syara’-ing ngelmu, Mumpung durung ngantos lama.
Lantas hendak bubar, Para Wali semua, Untuk pulang ketempat
tinggalnya masing-masing, Dan Sunan Giri Gajah, Yang berhak memutuskan
hukuman, Bagi yang menjungkir balikkan syara’, Mumpung belum terlalu
lama.
Jeng Sunan Giri nyagahi, Ing sirnane Syeh Lemah Bang, Yen sampun
prapteng masane, Adege Nata ing Demak, Bedhahing Majalengka, Sadaya
samya jumurung, Lajeng samya sasowangan.
Jeng Sunan Giri menyanggupi, Akan menjatuhkan “hukuman mati” bagi
Syeh Siti Jenar, Apabila sudah sampai pada waktunya, Pelantikan Sultan
Demak, Setelah berhasil merebut kekuasaan dari ‘Majalengka’ (Majapahit),
Seluruh Wali menyetujui, Lantas pulang kekediaman masing-masing.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar