Sabtu, 13 Oktober 2012

(NAHWU) * * * na'at dan manut


Naat dan Man’ut
ﺍﻟﻨﻌﺕ ﻮﺍﻟﻣﻧﻌﻭﺕ ) )
Definisi


ﭐﺂڼعٿ لغۃ ۅصف الشئ بما ھو فيھ وھو من اڶټوابع الخمسۃ
واﺻﭠﻠاﺤاﮟ ﮪو اﻠﭞاﺐﻊ اﻠﺬﻱ ﯾﭠﻤﻢ ﻤﭠﺑوﻋﮫ ﺑﺑﯾاﻦ ﺼﻔاﺓ ﻤﻥ ﺻﻔاﭠﮫ ﻨﺤﯡ ﻤﺮﺭﺖ ﺒﺮﺠﻝ ﻜﺭﯾﻢ اﯡ ﺒﺻﻓاﺓ ﯾﺗﻌﻠﻕ ﺒﮫ ﻧﺤﯡ ﻣﺭﺮﺖ ﺑﺭﺠﻞ ﻜﺮﯿﻢ ﺍﺑﯡﮦ
Menurut bahasa naat adalah menerangkan suatu sifat.
Sedangkan menurut istilah naat adalah isim tabi’yang menerangkan sifat dari lafadz yang diikutinya.semisal contohnya Budi anak yang rajin,kata rajin pada contoh ini dinamakan naat sedangkan budi dinamakan man’ut.
Contoh: ﻜﺮﯿﻢ ﺑﺮﺟﻞ ﻣﺭﺮﺖ
Artinya saya bertemu seorang laki2 muliya.
ﻣﺭﺮﺖ :adalah fiil madi yang bertemu dengan domir rofa’hukumnya adalah mabni sukun.
ﺑﺮﺟﻞ :adalah man’ut,I’robnya adalah jer karna kemasukan huruf jer ba’.
ﻜﺮﯿﻢ :adalah na’at I’robnya adalah jer karna mengikuti man’ut.
ﺍﺍﻧﻌﺖ ﺘﺍﺑﻊ ﻟﻠﻤﻨﻌﻭﺖ ﻓﻲ ﻭﺍﺤﺪ ﻤﻦ ﻋﺷﺭﺓ ﻭﻻ ﺘﺠﺗﻤﻊ ﻜﻟﮭﺍ ﻓﻲ ﻭﻗﺖ ﻭﺍﺤﺪ ﺍﻵ ﺍﺮﺑﻌﺔ
ﺍﻻﻮﻝ ﻤﻦ ﺍﻮﺠﻪ ﺍﻻﻋﺮﺍﺐ ﺍﻠﺛﻟﺍﺛﺔ ﻮﮬﻮ ﺍﻠﺮﻓﻊ ﻮﺍﻠﻧﺻﺐ ﻮﺍﻟﺤﻓﺽ ﻭﺍﻟﺛﺍﻧﻲ ﻓﻲﻺﻓﺮﺍﺩ ﺍﻭﻟﺗﺛﻧﻳﺔ ﺍﻭﺍﻟﺠﻣﻊ ﻭﺍﻟﺛﺍﻟﺚ
ﻓﻲﺍﻟﺗﺬﻛﻳﺮ ﺍﻭﺍﻟﻣﺆﻨﺚ ﻭﺍﻟﺮﺍﺑﻊ ﻓﻲﺍﻟﺗﻨﻜﯾﺮ ﺍﻭﺍﻟﻣﻌﺮﻓﺔ
Na’at mengikuti man’ut dalam beberapa hal:
1.dalam hal I’rob
Yaitu I’rob rofa’irob nasob dan irob jer.
2.dalam mufrod ,tasniah dan jama’.
3.didalam muzdakar dan muannas.
4.didalam ma’rifat dan nakiroh.

Catatan: dalam I’rob naat harus mengikuti manut,apabila manut rofa’naat harus dirofa’bila man;ut nasob naat harus dinasob,bila man’ut dijer naat pun harus dijer.begitupun juga apabila man’ut mufrod na’at harus mufrod,bila man;ut tasniah na;at harus tasniah,bila man’ut jama’na’at harus jama’dan jika man’ut muzakar na’at harus muzakar,bila man’ut muanas na’at pun harus muanas,bila man;ut ma’rifat na;at juga ma’rifat,bila na’at nakiroh naat juga harus nakiroh.
Selanjutnya akan kami berikan contoh2nya.
I’Rob (berubahnya akhir kalimah karna berbeda bedanya amil yang masuk)
Rofa’:ﺠﺍﺀ ﺰﯾﺫ ﻜﺭﯾﻢ
o ﺍﺠﺍﺀ:adalah fiil madi mabniyun alal fatkhi.
o ﺯﻳﺫ:adlah man’ut dirofa’ karna menjadi fail tandanya adalah dhommah.
o ﻛﺭﻳﻢ:adalah na;at dirofa’karna mengikuti man’ut
Nasob :ﺭﺍﯾﺖ ﺯﯾﺫﺍ ﻋﺍﻟﻤﺍ
o ﺭﺍﻳﺕ:adalah fiil madi mabni sukun karna bertemu dengan domir rofa.
o ﺯﻳﺫﺍ:adalah man’ut dinasob karna menjadi maf;ul bih tandanya adalah fatha
o ﻋﺍﳌﺍ:adalah na’at dinasob karna mengikuti man’ut.
Jer : ﻓﻗﯾﮫ ﺑﺰﯾﺫ ﺍﻤﺭﺭﺖ
o ﻣﺭﺭﺕ:adalah fiil madi mabni sukun karna bertemu dengan domir rofa’tandanya adalah kasroh.
o ﺑﺯﻳﺫ:adalah man’ut dijer karna kemasukan huruf jer yaitu ba;
o ﻓﻗﻳﻪ:adalah na’at dijer karna mengikuti man’ut.
.Mufrod: ﻋﺍﺮﻴﻑ ﺍﺴﺗﺍﺬ ﺟﺍﺀ
Artinya :telah datang seorang ustad yang arif
.tasniah: ﺍﻟﻌﺍﻟﻣﺍﻦ ﺯﻳﺬﺍﻦ ﺠﺍﺀ
Artinya :dua zaid yang berilmu teleh datang
jama’ : ﺍﻟﺼﺍﻟﺤﻭﻦ ﺍﻟﻣﺴﻟﻣﻭﻦ ﺠﺍﺀ
artinya :kaum muslimin yang soleh telah datang
muzdakar: ﺻﺍﻟﺡ ﻮﻟﺪ ﻋﻟﻲ
Artinya :ali anak yang pandai
muanas : ﺍﻟﻌﺍﻟﻣﺔ ﮪﻧﺩ ﺖ ﺠﺍﺀ
Artinya :hindun yang berilmu teleh datang
Ma’rifat: ﺍﻟﺻﺍﺑﺭ ﺍﻟﺭﺠﻭﻝ ﻋﻣﺭﻭ
Artinya :umar laki laki sabar
Nakirah : ﻋﺍﻘﻝ ﺭﺠﻝ ﺠﺍﺀ
Artinya :laki laki berakal telah datang.
ﻭﺍﻟﻣﻌﻔﺔ ﺧﻣﺸﺔ ﺍﺸﯾﺍﺀ ﺍﻸﺴﻡ ﺍﻟﻣﺿﻣﺮﻧﺤﻭ ﺍﻧﺍﻭﺍﻧﺗﺍ ﻭﻸﺴﻡﺍﻟﻌﻟﻡﻧﺤﻭ ﺯﻴﺬ ﻭﻣﻜﺔ ﻭﻸﺴﻡ ﺍﻟﻣﺑﮭﻡ ﻧﺤﻭﮪﺬﺍﻭﮪﺬﮦ
ﻭﻸﺴﻡﺍﻟﺬﯤ ﻓﯿﻪ ﻸﻟﻒ ﻭﻼﻡ ﻧﺤﻭﺍﻟﺮﺠﻝ ﺍﻟﻐﻟﺍﻡ ﻭﻣﺍﺍﻀﻴﻔﺍﺍﻟﻲﻲﻭﺍﺣﺪ ﻣﻦﻫﻨﻩﻸﺮﺒﻌﺔ ﻭﺍﻠﻧﻜﺮﺓ ﻜﻝﺍﺴﻡ ﺸﺍﺀﻊ
ﻓﻲﺠﻧﺴﻪ ﻻﻴﺨﺗﺺ ﺒﻪ ﻮﺍﺤﺪ ﺩﻮﻥ ﺍﺨﺮ ﻮﺗﻗﺮﻴﺒﻪ ﻛﻝ ﻤﺍ ﺼﻟﺡ ﺩﺨﻮﻝﺍﻻﻟﻒ ﻮﻼﻢ ﻋﻠﻳﻪ ﻨﺤﻮﺍﻠﺮﺟﻞ ﻮﺍﻠﺮﺠﻝ
Isim marifat itu ada lima a.isim mudmar(ana waanta)b.isim alam/nama(zaidun ,makah)c.isim mubham,isim isaroh(hada ,hadihi,aladi)d.isim yang kemasukan al(algulamu)e.kalimah yang di idofahkan salah satu empat diatas.
Isim nakiroh adalah isim mau menerima al tarif.lebih jelasnya ini dijelaskan dalam bab marifat nakiroh.
Catatan :na;at dalam b indonesia biasa disebut dengan keterangan sifat
Man’ut adalah orang atau benda yang yang disebutkan sifatnya.
ﺍﻟﺠﺪﻳﺪ ﺍﻟﻜﺘﺍﺏ ﺍﺷﺗﺭﻳﺕ
Saya membeli buku baru,kata baru(ﺍﻟﺠﺪﻳﺪ) disamping adalah na’at,
Kata buku(alkitaaba)adalah man’ut.