ARJURMIYAH
بسم الله الرحمن الرحيم
متن الأجرومية
اَلْكَــــــلاَمُ
اَلْكَلاَمُ هُوَ اللَّفْظُ اْلمُرَكَّبُ اْلمُفِيْدُ بــِالوَضْعِ
وَأَقْسَامُهُ ثَلاَثَةٌ: اِسْمٌ وَفِعْلٌ وَحَرْفٌ جَاءَ لِمَعْنَى.
فَالاِسْمُ يُعْرَفُ بــِالخَفْضِ وَالتَّنْوِيْنِ وَدُخُوْلِ الأَلِفِ
وَاللاَّمِ وَحُرُوْفِ الخَفْضِ وَهِيَ: مِنْ وَإِلَى وَعَنْ وَعَلَى وَفِي
وَرُبَّ وَاْلَباءُ وَاْلكَافُ وَاللاَّمُ، وَحُرُوْفُ اْلقَسَمِ وَهِيَ:
اْلوَاوُ وَاْلبَاءُ وَالتَّاءُ. وَاْلفِعْلُ يُعْرَفُ بــِقَدْ
وَالسِّيْنَ وَسَوْفَ وَتَاءِ التَّأْنِيْثِ السَّاكِنَة .الحَرْفُ مَا لاَ
يَصْلُحُ مَعَهُ دَلِيْلُ الاِسْمِ وَلاَ دَلِيْلُ اْلفِعْلِ.
KALAM
Kalam ialah lafazh yang tersusun dan bermakna lengkap. Pembagiannya
ada tiga, yaitu : Isim, fi'il, dan huruf yang memiliki makna.
Isim itu dapat diketahui dengan melalui khafadh huruf yang akhirnya di jar-kan, tanwin, kemasukan alif-lam dan huruf khafadh.
Huruf khafadh Ialah: dari, ke, dari, kepada, pada/dalam, kadang,
sedikit sekali atau banyak sekali, dengan, seperti, untuk, dan huruf
qasam atau sumpah. ialah huruf wawu, ba dan ta.
Fi'il itu dapat diketahui dengan melalui huruf qad, sin, saufa dan ta ta-nits yang di-sukun-kan.
Huruf ialah lafadz yang tidak layak disertai oleh adanya tanda bagi isim atau fi’il.
بَابُ الاِعْرَابِ
اَلاِعْرَابُ هُوَ تَغْيـِيْرُ أَوَاخِرِ اْلكَلِمِ لاِخْتِلاَفِ
العَوَامِلِ الدَّاخِلَةِ عَلَيْهَا لَفْظَا أَوْ تَقْدِيْرًا،
وَأَقْسَامُهُ أَرْبَعَةٌ: رَفْعٌ وَنَصْبٌ وَخَفْضٌ وَجَزْمٌ .
فَلِلأَسْمَاءِ مِنْ ذَلِكَ الرَّفْعُ وَالنَّصْبُ وَاْلخَفْضُ وَلاَ
جَزْمَ فِيْهَا. و لِلأَفْعَالِ مِنْ ذَلكَ الرَّفْعُ وَالنَّصْبُ
واْلجَزْمُ وَلاَ خَفْضَ فِيْهَا.
BAB I’RAB
I'rab ialah perubahan akhir kalimah karena perbedaan amil yang memasukinya, baik secara lafazh ataupun secara perkiraan.
pembagiannya ada empat macam, yaitu I’rab rafa'. i'rab nashab, I’rab khafadh, dan i'rab jazm.
Bagi Isim untuk empat macam yang boleh memasuki isim hanyalah i'rab
rafa', i'rab nashab dan i'rab khafadh. Sedangkah i'rab jazm tidak boleh
memasuki isim.
Bagi Fi’il untuk empat macam yang boleh memasuki fi'il hanyalah
i'rab rafa', i'rab nashab dan i'rab jazm. Sedangkan i'rab khafadh tidak
boleh memasuki fi'il.
بَابُ مَعْرِفَةِ عَلاَمَاتِ الإِعْرَابِ
* لِلرَّفْعِ أَرْبَعُ عَلاَمَاتٍ: الضَّمَّةُ وَاْلوَاوُ واْلأَلِفُ وَالنُّوْنُ.
Ø فَأَمَّا الضَّمَّةُ فَتَكُوْنُ عَلاَمَةً لِلرَّفْعِ فِي
أَرْبَعَةِ مَوَاضِعَ: فِي الاِسْمِ المُفْرَدِ وَجَمْعِ التَّكْسِيْرِ
وَجَمْعِ المُؤَنَّثِ السَّالِمِ وَاْلفِعْلِ المُضَارِعِ الذِي لَمْ
يَتَّصِلْ بــِآخِرِهِ شَيْئٌ.
Ø وَأَمَّا الوَاوُ فَتَكُوْنُ عَلاَمَةً لِلرَّفْعِ فِي
مَوْضِعَيْنِ: فِي جَمْعِ اْلمُذَكَّرِ السَّالِمِ وَالأَسْمَاءِ
اْلخَمْسَةِ: وَهِيَ أَبُوْكَ وَأَخْوْكَ وَحَمُوْكَ وَفُوْكَ وَذُوْ
مَالٍ.
Ø وَأَمَّا الأَلِفُ فَتَكُوْنُ عَلاَمَةً لِلرَّفْعِ فِي تَثْنِيَةِ الأَسْمَاءِ خَاصَّةً.
Ø وَأَمَّا النُّوْنُ فَتَكُوْنُ عَلاَمَةً لِلرَّفْعِ فِي الفِعْلِ
المُضَارِعِ إِذَا اتَّصَلَ بــِهِ ضَمِيْرُ تَثْنِيَةٍ أَوْ ضَمِيْرُ
جَمْعٍ أَوْ ضَمِيْرُ المُؤَنَّثَةِ اْلمُخَاطَبَةِ.
BAB MENGETAHUI TANDA-TANDA I’RAB
I'rab rafa' mempunyai empat tanda, yaitu: dhammah, wawu, alif dan nun.
Dhammah menjadi alamat bagi i'rab rafa' pada empat tempat, yaitu
pada isim mufrad, jamak taksir, jamak muannats salim dan fi'il mudhari'
yang pada hurut akhirnya tidak bertemu dengan salah satu pun dari alif
tatsniyah, wawu jamak, atau ya muannats mukhathabah .
Wawu menjadi alamat bagi i'rab rafa' pada dua tempat, yaitu pada
jamak mudzakkar salim dan asmaul khamsah isim-isim yang lima . Asmaul
khamsah itu ialah: Ayahmu; saudaramu; iparmu, atau mertuamu; mulutmu;
dan yang mempunyai harta.
Alif menjadi alamat bagi i'rab rafa' khusus pada isim tatsniyah.
Nun menjadi alamat bagi i'rab rafa' pada fi'il mudhari' bilamana
bertemu dengan dhamir tatsniyah atau dhamir jamak mudzakkar atau dhamir
muannats mukhathabah.
* وَ لِلنَّصْبِ خَمْسُ عَلاَمَاتٍ: اَلْفَتْحَةُ وَاْلأَلِفُ وَاْلكَسْرَةُ وَاْليَاءُ وَحَذْفُ النُّوْنِ.
Ø فَأَمَّا الفَتْحَةُ فَتَكُوْنُ عَلاَمَةً لِلنَّصْبِ فِي
ثَلاَثَةِ مَوَاضِعَ: فِي الاِسْمِ المُفْرَدِ وَجَمْعِ التَّكْسِيْرِ
وَاْلفِعْلِ المُضَارِعِ إِذَا دَخَلَ عَلَيْهِ نَاصِبٌ وَلَمْ يَتَّصِلْ
بـِآخِرِهِ شَيْئٌ.
Ø وَأَمَّا الأَلِفُ فَتَكُوْنُ عَلاَمَةً لِلنَّصْبِ فِي
الأَسْمَاءِ الخَمْسَةِ نَحْوُ رَأَيْتُ أَبَاكَ وَأَخَاكَ وَمَا أَشْبَهَ
ذَلِكَ.
Ø وَأَمَّا اْلكَسْرَةُ فَتَكُوْنُ عَلاَمَةً لِلنَّصْبِ فِي جَمْعِ اْلمُؤَنَّثِ السَّالِمِ .
Ø وَأَمَّا اليَاءُ فَتَكُوْنُ عَلاَمَةً لِلنَّصْبِ فِي التَّثْنِيَةِ وَاْلجَمْعِ .
Ø وَأَمَّا حَذْفُ النُّوْنِ فَيَكُوْنُ عَلاَمَةً لِلنَّصْبِ فِي
الأَفْعَالِ الخَمْسَةِ الَّتِى رَفْعُهَا بــِثَبَاتِ النُّوْنِ.
I'rab nashab mempunyai lima alamat, yaitu: fathah, alif, kasrah, ya dan menghilangkan huruf nun yang menjadi tanda i'rab rafa'.
Fathah menjadi alamat bagi i'rab nashab berada pada tiga tempat,
yaitu pada isim mufrad, jamak taksir dan fi'il mudhari' bilamana
kemasukan padanya amil yang me-nashab-kan dan pada akhir kalimatnya
tidak bertemu dengan sesuatu pun dari alif tatsniyah, wawu jamak, nun
taukid dan sebagainya .
Alif menjadi alamat bagi i'rab nashab berada pada asmaul khamsah,
contoh: Aku telah melihat ayahmu dan saudaramu dan lafazh yang
menyerupainya.
Kasrah menjadi alamat i'rab nashab hanya terdapat pada bentuk jamak muannats salim saja.
Membuang huruf nun, menjadi alamat bagi i'rab nashab pada af'alul
khamsah yang di-rafa'-kannya dengan memakai nun itsbat tetap .
* وَ لِلْخَفْضِ ثَلاَثُ عَلاَمَاتٍ: الكَسْرَةُ وَالْيَاءُ وَاْلفَتْحَةُ.
Ø فَأَمَّا الكَسْرَةُ فَتَكُوْنُ عَلاَمَةً لِلْخَفْضِ فِي
ثَلاَثَةِ مَوَاضِعَ: فِي الاِسْمِ المُفْرَدِ اْلمُنْصَرِفِ وَجَمْعِ
التَّكْسِيْرِ اْلمُنْصَرِفِ وَجَمْعِ المُؤَنَّثِ السَّالِمِ.
Ø وَأَمَّا اليَاءُ فَتَكُوْنُ عَلاَمَةً لِلْخَفْضِ فِي ثَلاَثَةِ
مَوَاضِعَ: فِي الأَسْمَاءِ الخَمْسَةِ وَفِي التَّثْنِيَةِ وَاْلجَمْعِ.
Ø وَأَمَّا الفَتْحَةُ فَتَكُوْنُ عَلاَمَةً لِلْخَفْضِ فِي الاِسْمِ الذى لاَ يَنْصَرِفُ.
I'rab khafadh mempunyai tiga alamat, yaitu: kasrah, ya dan fathah.
Kasrah menjadi alamat bagi i'rab khafadh pada tiga tempat, yaitu
pada isim mufrad yang menerima tanwin, jamak taksir yang menerima tanwin
dan jamak muannats salim.
Ya menjadi alamat i'rab khafadh pada tiga tempat, yaitu pada asmaul khamsah, isim tatsniyah dan jamak mudzakkar salim .
Fathah menjadi alamat i'rab khafadh pada isim yang tidak menerima tanwin ghair munsharif .
* وَ لِلْجَزْمِ عَلاَمَتَانِ: السُّكُوْنُ وَاْلحَذْفُ.
Ø فَأَمَّا السُّكُوْنُ فَيَكُوْنُ عَلاَمَةً لِلْجَزْمِ فِي الفِعْلِ المُضَارِعِ الصَّحِيْحِ اْلآخِرِ.
Ø وَأَمَّا الحَذْفُ فَيَكُوْنُ عَلاَمَةً لِلْجَزْمِ فِي اْلفِعْلِ
المُضَارِعِ اْلمُعْتَلِّ اْلآخِرِ وَفِي اْلأَفْعَالِ التَى رَفْعُهَا
بِثَبَاتِ النُّوْنِ.
Tanda I'rab Jazm
I'rab jazm mempunyai dua alamat yaitu, sukun dan membuang.
Sukun menjadi alamat bagi i'rab jazm pada fi'il mudhari' yang shahih akhirnya.
Membuang itu menjadi tanda bagi i'rab jazm pada fi'il mudhari' yang
mu'tal akhir dan pada fi'il-fi'il yang dirafa'-kannya dengan nun tetap.
الْمُـــــعْرَبـــَـــاتُ
* اَلْمُعْرَبَاتُ قِسْمَانِ: قِسْمٌ يُعْرَبُ بـِالحَرَكَاتِ وَقِسْمٌ يُعْرَبُ بــِالحُرُوْفِ .
Ø فَالَّذِي يُعْرَبُ بـِالحَرَكَاتِ أَرْبَعَةُ أَنْوَاعٍ :
الاِسْمُ اْلمُفْرَدُ وَجَمْعُ التَّكْسِيْرِ وَجَمْعُ اْلمُؤَنَّثِ
السَّالِمِ وَاْلفِعْلُ اْلمُضَارِعُ الَّذِى لَمْ يَتَّصِلْ بـِآخِرِهِ
بــِشَيْئٍ، وَكُلُّهَا تُرْفَعُ بـِالضَّمَّةِ وَتُنْصَبُ بـِالفَتْحَةِ
وَتُخْفَضُ بـِالكَسْرَةِ وَتُجْزَمُ بـِالسُّكُوْنِ. وَخَرَجَ عَنْ
ذَلِكَ ثَلاَثَةُ أَشْيَاءَ: جَمْعُ اْلمُؤَنَّثِ السَّالِمُ يُنْصَبُ
بـِالكَسْرَةِ وَالاِسْمُ الذى لاَ يَنْصَرِفُ يُخْفَضُ بـِالفَتْحَةِ
وَاْلفِعْلُ اْلمُضَارِعُ اْلمُعْتَلُّ اْلآخِرِ يُجْزَمُ بـِحَذْفِ
آخِرِهِ.
Lafazh yang Di-mu'rab-kan
Lafazh-lafazh yang di-mu'rab-kan terbagi menjadi dua bagian, yaitu
bagian yang di-i'rab-i dengan memakai harakat dan bagian yang di-i'rab-i
dengan memakai huruf.
Lafazh yang di-i'rab-i dengan memakai harakat ada empat macam,
yaitu: isim mufrad, jamak taksir, jamak muannats salim dan fi'il
mudhari' yang tidak bertemu dengan sesuatu pun dari huruf alif, wawu,
ya, nun taukid atau huruf 'illat .
Semua lafazh itu di-rafa'-kan dengan memakai dhammah, di- nashab-kan
dengan memakai fathah, di-khafadh-kan dengan memakai kasrah dan
di-jazm-kan dengan memakai sukun. Yang demikian itu terdapat pada tiga
tempat. Yakni jamak muannats salim dinasabkan dengan kasrah, isim yang
tidak bertanwin ( la yansharif ) di di-khafadh-kan dengan fathah, dan
fi’il mudhari’ yang mempunyai huruf illat pada akhirnya di jazm- kan
dengan membuang sebuah huruf pada akhirnya.
وَالَّذى يُعْرَبُ بـِالحُرُوْفِ أَرْبَعَةُ أَنْوَاعٍ :
التَّثْنِيَةُ وَجَمْعُ اْلمُذَكَّرِ السَّالِمُ وَاْلأَسْمَاءُ
اْلخَمْسَةُ وَاْلأَفْعَالُ الْخَمْسَةُ وَهِيَ: يَفْعَلاَنِ وَتَفْعَلاَنِ
وَيَفْعَلُوْنَ وَتَفْعَلُوْنَ وَتَفْعَلِيْنَ.
Ø فَأَمَّا التَّثْنِيَةُ فَتُرْفَعُ بـِالأَلِفِ وَتُنْصَبُ وَتُخْفَضُ وَتُخْفَضُ بـِاليَاءِ.
Ø أَمَّا جَمْعُ اْلمُذَكَّرِ السَّالِمُ فَيُرْفَعُ بـِالوَاوِ وَيُنْصَبُ وَيُنْصَبُ وَيُخْفَضُ بـِاليَاءِ.
Ø وَأَمَّا الأَسْمَاءُ اْلخَمْسَةُ فَتُرْفَعُ بـِالوَاوِ وَتُنْصَبُ بـِالأَلِفِ وَتُخْفَضُ بـِااليَاءِ.
Ø وَأَمَّا اْلأَفْعَالُ اْلخَمْسَةُ فَـتُُرْفَعُ بـِالنُّوْنِ وَ تُنْصَبُ وَتُجْزَمُ بـِحَذْفِهَا
Lafazh yang di-i'rab-i dengan memakai huruf ada empat macam, yaitu:
1. isim tatsniyah; 2. jamak mudzakkar salim; 3. asmaul khamsah; 4.
af'lul khamsah, yaitu Yaf'alâni, taf'alâni, yaf'alûna, taf'alûna,
taf'alîna.
Adapun isim tatsniyah maka di-rafa'-kan dengan memakai alif, di-nashab-kan dan di-khafadh-kan dengan memakai ya.
Adapun jamak mudzakkar salim maka di-rafa'-kan dengan memakai wawu dan di-nashab-kan serta di-jar-kan dengan memakai ya.
Adapun asmaul khamsah maka di-rafa'-kan dengan memakai wawu dan
di-nashab-kan dengan memakai alif serta di-jar-kan dengan memakai ya.
Adapun af'alul khamsah maka di-rafa'-kan dengan memakai nun dan
di-nashab-kan serta di-jazm-kan dengan membuang menghilangkan huruf
nun-nya.
بَـــابُ الأَفــــــْعَالِ
* الأَفْعَالُ ثَلاَثَةٌ: مَاضٍ وَمُضَارِعٌ وَأَمْرٌ نَحْوُ ضَرَبَ وَيَضْرِبُ وَاضْرِبْ.
فَالمَاضِى مَفْتُوْحُ اْلآخِرِ أَبَدًا، وَاْلمُضَارِعُ مَا كَانَ فِي
أَوَّلِهِ إِحْدَى الزَّوَائِدِ اْلأَرْبَعِ يَجْمَعُهَا قَوْلُكَ:
أَنَيْتُ، وَهُوَ مَرْفُوْعٌ أَبَدًا حَتَّى يَدْخُلَ عَلَيْهِ نَاصِبٌ
أَوْ جَازِمٌ.
Bab Kata Kerja
Kata kerja itu ada tiga macam, kata kerja lampau, kata kerja sedang/
sementara, dan kata perintah, seperti telah memukul, sedang memukul,
danpukulllah.
Kata kerja lampau, berbaris fathah selamanya pada huruf terakhirnya.
Kata kerja lampau, adalah apabila terdapat pada awalnya empat huruf
tambahan yang terhimpun dalam kata ” ANAITU ” dan dia marfu’ selamanya,
sampai ia dimasuki oleh awamil nashab atau jazam.
* فَالنَّوَاصِبُ عَشْرَةٌ وَهِيَ: أَنْ وَلَنْ وَإِذَنْ وَكَيْ
وَلاَمُ كَيْ وَلاَمُ اْلجُحُوْدِ وَحَتَّى وَاْلجَوَابُ بـِالفَاءِ
وَاْلوَاوِ وَأَوْ.
Amil yang me-nashab-kan itu ada sepuluh, yaitu: bahwa, tidak akan,
kalau begitu, agar, supaya, lam juhud sesudah nafi, sehingga, jawab
dengan fa, jawab dengan wawu, dan, atau /kecuali .
* وَاْلجَوَازِمُ ثَمَانِيَةَ عَشَرَ وَهِيَ : لَمْ وَلَمَّا وَأَلَمْ
وَأَلَمَّا وَلاَمُ اْلأَمْرِ وَالدُّعَاءِ وَلاَ فِي النَّهْيِ
وَالدُّعَاءِ وَإِنْ وَمَا وَمَنْ وَمَهْمَا وَإِذْمَا وَأَيُّ وَمَتَى
وَأَيَّانَ وَأَيْنَ وَأَنَّى وَحَيْثُمَا وَكَيْفَمَا وَإِذًا فِي
الشِّعْرِ خَاصَّةً.
Amil yang men-jazm-kan
Amil yang men-jazm-kan ada delapan belas, yaitu: Lam (belum/tidak),
lammâ (belum), alam (belum), alammâ ( Apakah tidak), lam amar
(hendaklah), lam du'a (semoga), lâ nahi (janganlah) dan lâ du'a
(semoga), in (apabila/bila), mâ (apa saja), man (siapa), mahmâ (
setiap-tentupun), idzmâ (apabila), ayyu (siapa saja), matâ (kapan saja),
ayyâna ( mana saja ), aina ( dimana saja), annâ ( setiap-tentu),
haitsumâ ( andaikata), kaifamâ ( Bagaimana saja-cara), dan idzan (bila
), khusus dalam syair.
بَابُ مَرْفُوْعَاتِ اْلأَسْـــمَاءِ
* اَلْمَرْفُوْعَاتُ سَبْعَةٌ وَهِيَ: الفَاعِلُ وَاْلمَفْعُــوْلُ
الَّذِي لَمْ يُسَمَّ فَاعِلُهُ وَاْلمُبْتَدَأُ وَخَبَرُهُ وَاسْمُ كَانَ
وَأَخَوَاتُهَا وَخَبَرُ إِنَّ وَأَخَوَاتُهَا وَالتَّابـِعُ
لِلْمَرْفُوْعِ وَهِيَ أَرْبَعَةُ أَشْيَاءَ: النَّعْتُ وَاْلعَطْفُ
وَالتَّوْكِيْدُ وَاْلبَدَلُ.
Isim-Isim Yang Di Rafa’kan
Isim-isim yang di-rafa'-kan ada tujuh macam, yaitu: fa'il, maf'ul
yang tidak disebutkan fa'il-nya, mubtada dan khabar-nya, isim kâna dan
saudara-saudaranya, khabar inna dan saudara-saudaranya, dan lafazh yang
mengikuti kalimah yang di-rafa'-kan, yaitu ada empat macam sebagai
berikut: na'at, taukid, 'athat dan badal.
بَابُ الفَاعِلِ
* الفَاعِلُ هُوَ اْلاِسْمُ اْلمَرْفُوْعُ المَذْكُوْرُ قَبْلَهُ فِعْلُهُ وَهُوَ عَلَى قِسْمَيْنِ: ظَاهِرٍ وَمُضْمَرٍ.
Fa'il ialah isim marfu' yang disebutkan terlebih dahulu fi'il-nya.
Dan fa'il terbagi menjadi dua bagian, yaitu fa'il yang zhahir dan fa'il
yang mudhmar / tersembunyi .
* فَالظَّاهِرُ نَحْوُ قَوْلِكَ: قَامَ زَيْدٌ وَ يَقُوْمُ زَيْدٌ
وَقَامَ الزَّيْدَانِ وَيَقُوْمُ الزَّيْدَانِ وَقَامَ الزَّيْدُوْنَ
وَيَقُوْمُ الزَّيْدُوْنَ وَقَامَ الرِّجَالُ وَيَقُوْمُ الرِّجَالُ
وَقَامَتْ هِنْدٌ وَتَقُوْمُ هِنْدٌ وَقَامَتِ اْلهِنْدَانِ وَتَقُوْمُ
اْلهِنْدَانِ وَقَامَتِ اْلهِنْدَاتُ وَتَقُوْمُ اْلهِنْدَاتُ وَقَامَتِ
اْلهُنُوْدُ وَتَقُوْمُ اْلهُنُوْدُ وَقَامَ أَخُوْكَ وَيَقُوْمُ أَخُوْكَ
وَقَامَ غُلاَمِيْ وَيَقُوْمُ غُلاَمِيْ وَمَا أَشْبَهَ ذَلِكَ.
Fa'il Isim yang Zhahir
Fa'il isim yang zhahir seperti, telah berdiri seorang Zaid, sedang
berdiri seorang zaid, telah berdiri dua orang Zaid, sedang berdiri dua
orang zaid, telah berdiri banyak Zaid, sedang berdiri banyak zaid, telah
berdiri seorang laki-laki, sedang berdiri seorang laki-laki, telah
berdiri seorang hindun, sedang berdiri seorang hindun, telah berdiri dua
orang hindun, sedang berdiri dua orang hindun, telah berdiri banyak
hindun, sedang berdiri banyak hindun, telah beriri saudaramu, sedang
berdiri saudaramu, telah berdiri seorang anak laki-lakiku, sedang
berdiri seorarang anak laki-lakiku, dan yang contoh lain seperti itu.
* وَاْلمُضْمَرُ اِثْنَا عَشَرَ نَحْوُ قَوْلِكَ: ضَرَبْتُ وَضَرَبْنَا
وَضَرَبْتَ وَضَرَبْتِ وَضَرَبْتُمَا وَضَرَبْتُمْ وَضَرَبْتُنَّ وَضَرَبَ
وَضَرَبَتْ وَضَرَبَا وَضَرَبُوْا وَضَرَبْنَ.
Fail isim Yang mudmar/ tersembunyi itu ada dua belas, yakni : aku
telah memukul, kami telah memukul, kamu L telah memukul, kamu P telah
memukul, kalian berdua telah memukul, kalian semua telah memukul, dia L
telah memukul, dia P telah memukul, mereka berdua telah memukul, mereka
semua L telah memukul, mereka semua P telah memukul.
بَابُ اْلمَفْعُوْلِ الَّذِي لَمْ يُسَمَّ فَاعِلُهُ
وَهُوَ اْلاِسْمُ اْلمَرْفُوْعُ الذِي لَمْ يُذْكَرْ مَعَهُ فَاعِلُهُ.
Ø فَإِنَ كَانَ اْلفِعْلُ مَاضِيًا ضُمَّ أَوَّلُهُ وَكُسِرَ مَا قَبْلَ آخِرِهِ.
Ø وَإِنْ كَانَ مًضَارِعًا ضُمَّ أَوَّلُهُ وَفُتِحَ مَا قَبْلَ آخِرِه، وهُوَ قِسْمَيْنِ: ظَاهِرٌ وَمُضْمَرٌ.
Maf'ul Yang Fa'il-Nya Tidak Disebutkan ( Naibul Fail )
Naibul Fa'il ialah isim marfu' yang tidak disebutkan fa'il-nya.
Apabila fi'il-nya fi'il madhi, maka dhammah-kanlah huruf awalnya dan huruf sebelum akhirnya di-kasrah-kan;
Apabila fi'il-nya fi'il mudhari' maka dhammah-kanlah huruf awalnya dan huruf sebelum akhirnya di-fathah-kan.
- فَالظَّاهِرُ نَحْوُ قَوْلِكَ ضُرِبَ زَيْدٌ وَيُضْرَبُ زَيْدٌ وَأُكْرِمَ عَمْرٌو وَيُكْرَمُ عَمْرٌو
- وَاْلمُضْمَرُ اِثْنَا عَشَرَ نَحْوُ قَوْلِكَ ضُرِبْتُ وَضُرِبْنَا
وَضُرِبْتَ وَضُرِبْتِ وَضُرِبْتُمَا وَضُرِبْتُمْ وَضُرِبْتُنَّ وَضُرِبَ
وَضُرِبَتْ وَضُرِبَا وَضُرِبُوْا وَضُرِبْنَ.
Yang zhahir seperti telah dipukul si zaid itu, sedang dipukul si
zaid itu, telah dihormati si umar itu, sedang dihormati si umar itu.
Yang mudmar/ tersembunyi itu ada dua belas, yakni : telah dipukul
aku, telah dipukul kami, telah dipukul kamu L, telah dipukul kamu P,
telah dipukul kalian berdua, telah dipukul kalian semua, telah dipukul
dia L, telah dipukul dia P, telah dipukul mereka berdua, telah dipukul
mereka semua L, telah dipukul mereka semua P.
بَابُ اْلمُبْتَدَأ وَاْلخَبَر
* اَلْمُبْتَدَأُ هُوَ اْلاِسْمُ اْلمَرْفُوْعُ اْلعَارِىْ عَنِ اْلعَوَامِلِ اللَّفْظِيَّةِ.
* وَاْلخَبَرُ هُوَ اْلاِسْمُ اْلمَرْفُوْعُ اْلمُسْنَدُ إِلَيْهِ
نَحْوُ قَوْلِكَ زَيْدٌ قَائِمٌ والزَّيْدَانِ قَائِمَانِ وَالزَّيْدُوْنَ
قَائِمُوْنَ.
Mubtada’ Dan Khabar
Mubtada ialah isim marfu' yang bebas dari amil lafazh, sedangkan
khabar ialah isim marfu' yang di-musnad-kan kepada mubtada, contohnya
seperti perkataan : Zaid berdiri, dua Zaid itu berdiri dan Zaid-Zaid
itu berdiri.
وَاْلمُبْتَدَأُ قِسْمَانِ ظَاهِرٌ وَمُضْمَرٌ. فَالظَّاهِرُ مَا
تَقَدَّمَ ذِكْرُهُ، وَاْلمُضْمَرُ اِثـْنَا عَشَرَ وَهِيَ أَنَا وَنَحْنُ
وَأَنْتَ وَأَنْتِ وَأَنْتُمَا وَأَنْتُمْ وَأَنْتُنَّ وَهُوَ وَهِيَ
وَهُمَا وَهُمْ وَهُنَّ. نَحْوُ قَوْلِكَ أَنَا قَائِمٌُ وَنَحْنُ
قَائِمُوْنَ وَمَا أَشْبَهَ ذَلِكَ.
Mubtada itu terbagi menjadi dua bagian, yaitu mubtada yang zhahir
dan mubtada yang mudhmar dhamir. Mubtada zhahir penjelasannya telah
dikemukakan. Sedangkan mubtada yang mudhmar ada dua belas, yaitu:
saya, kami atau kita, kamu -laki-laki, kamu -perempuan, kamu berdua
-laki-laki/perempuan, kalian -laki-laki, kalian -perempuan, dia
-laki-laki, ia -perempuan, mereka berdua -laki-laki/perempuan,
mereka semua -laki-laki, mereka semua -perempuan, seperti perkataan
saya berdiri, Kami berdiri, dan contoh yang seperti itu.
· وَاْلخَبَرُ قِسْمَانِ مُفْرَدٌ وَغَيْرُ مُفْرَدٍ. فَالمُفْرَدُ نَحْوُ زَيْدٌ قَائِمٌ .
وَغَيْرُ اْلمُفْرَدِ أَرْبَعَةُ أَشْيَاءَ اَلْجَارُ وَاْلمَجْرُوْرُ
وَالظَّرْفُ وَاْلفِعْلُ مَعَ فَاعِلِهِ وَاْلمُبْتَدَأُ مَعَ خَبَرِهِ
نَحْوُ قَوْلِكَ زَيْدٌ فِي الدَّارِ وَزَيْدٌ عِنْدَكَ وَزَيْدٌ قَامَ
أَبُوْهُ وَزَيْدٌ جَارِيَتُهُ ذَاهِبَةٌ.
Khabar itu ada dua bagian, yaitu khabar mufrad dan khabar ghair mufrad. Khabar mufrad, seperti si zaid itu telah berdiri.
Khabar ghair mufrad ada empat macam, yaitu: 1. Jar dan majrur; 2.
zharaf; 3. fi'il beserta fa'ilnya; dan 4. mubtada beserta khabarnya.
Contohnya seperti perkataan: Zaid berada di dalam rumah, Zaid berada
di sisimu, Zaid, ayahnya telah berdiri, Zaid hamba perempuannya
pergi.
بَـــابُ اْلعَـــوَامِلِ الدَّاخِلَةِ عَلَى اْلمُبْتـــَدَإِ وَاْلخَـــــــبَرِ
وَهِيَ ثَلاَثَةُ أَشْيَاءَ كَانَ وَأَخَوَاتُهَا وَإِنَّ وَأَخَوَاتُهَا وَظَنَنْتُ ,َأَخَوَاتُهَا.
Amil-Amil Yang Memasuki Mubtada’ Dan Khabar
Dia terdiri atas tiga macam, kaana dan saudara-saudaranya, inna dan saudara-saudaranya, dan zhanna dan saudara-saudaranya.
* فَأَمَّا كَانَ وَأَخَوَاتُهَا فَإِنَّهَا تَرْفَعُ اْلاِسْمَ
وَتَنْصِبُ اْلخَبَرَ وَهِيَ كَانَ وَأَمْسَى وَأَصْبَحَ وَأَضْحَى وَظَلَّ
وَبَاتَ وَصَارَ وَلَيْسَ وَمَا زَالَ وَما انْفَكَّ وَمَا فَتِئَ وَمَا
بَرِحَ وَمَا دَامَ وَمَا تَصَرَّفَ مِنْهَا نَحْوُ كَانَ وَيَكُوْنُ
وَكُنْ وَأَصْبَحَ وَيُصْبِحُ وَاَصْبـِحْ، تَقُوْلُ أَصْبَحَ زَيْدٌ
قَائِمًا وَلَيْسَ عَمْرٌو شَاخِصًا وَمَا أَشْبَهَ ذَلِكَ.
Adapun kaana dan saudara-saudaranya berfungsi merafa’kan isimnya dan
me-nasab-kan khabar-nya yaitu: Adalah/keadaan/terjadi, waktu sore
hari, waktu pagi/sekarang, waktu dhuha, waktu siang hari, waktu
malam hari, menjadikan , meniadakan, terputus-putus, tetap dan
terus-menerus, dan lafazh-lafazh yang bisa di-tashrif darinya misalnya:
telah jadi, sedang jadi, jadilah, Contoh: adalah Zaid berdiri , dan
tiadalah ‘Amr menampakkan diri , dan lafaz yang menyerupainya.
* وَأَمَّا إِنَّ وَأَخَوَاتُهَا فَإِنَّها تَنْصِبُ اْلاِسْمَ
وَتَرْفَعُ اْلخَبَرَ وَهِيَ إِنَّ وَأَنَّ وَلَكِنَّ وَكَأَنَّ وَلَيْتَ
وَلَعَلَّ. وَمَعْنَى إِنَّ وَأَنَّ لِلتَّوْكِـيْدِ وَلَكِنَّ
لِلاِسْتِدْرَاكِ وَكَأَنَّ لِلتَّـشْبـِيْهِ وَلَيْتَ لِلتَّمَنِّى
وَلَعَلَّ لِلتَّرَجِّى وَالتَّوَقُّعِ.
Adapun Inna dan saudara-saudaranya berfungsi menasabkan isim-nya dan
me-rafa’-kan khabar-nya. Yakni Sesungguhnya/sesungguhnya, akan tetapi,
bagaikan, seandainya, mudah-mudahan. Dan makna Inna dan Anna adalah
untuk mengukuhkan/menguatkan, Walakinna untuk menyusul /susulan
perkataaan, Kaanna untuk menyerupakan, Laita untuk angan-angan (
mengharapkan sesuatu yang mustahil terjadi, La’alla untuk mengharapkan
sesuatu yang mungkin terjadi dan untuk hal-hal yang tidak disukai.
* وَأَمَّا ظَنَنْتُ وَأَخَوَاتُهَا فَإِنَّهَا تَنْصِبُ
اْلمُبْتَدَأَ وَاْلخَبَرَ عَلَى أَنَّهُمَا مَفْعُوْلاَنِ لَهَا، وَهِيَ
ظَنَنْتُ وَحَسِبْتُ وَخِلْتُ وَزَعَمْتُ وَرَأَيْتُ وَعَلِمْتُ وَوَجَدْتُ
وَاتَّخَذْتُ وَجَعَلْتُ وَسَمِعْتُ، تَقُوْلُ ظَنَنْتُ زَيْدًا
مُنْطَلِقًا وَخِلْتُ عَمْرًا شَاخِصًا وَمَا أَشْبَهَ ذَلِكَ.
Adapun Zhanna dan saudara-saudaranya berfungsi me-nashab-kan mubtada
dan khabar yang kedua-duanya menjadi maf’ul-nya maf’ul awal dan maf’ul
tsani atau kedua. Yakni : Dzhonantu (Aku menduga), Hasibtu, Khiltu,
dan Za’amtu (Aku menduga), Roaitu ‘alimtu dan Wajadtu ( Aku telah
mengetahui dengan yakin ), Ittakhoztu dan Ja’altu ( Aku menjadikan ),
dan sami’tu ( Aku mendengar ), Seperti : Aku telah menduga Zaid
berangkat, aku menduga bahwa bulan itu telah terbit, dan lafadz yang
menyerupai seperti itu.
بَابُ الــنَّعْتِ
* اَلنَّعْتُ تَابـِعٌ لِلْمَنْعُوْتِ فِي رِفْعِهِ وَنَصْبـِهِ
وَحَفْضِهِ وَتَعْرِيْفِهِ وَتَنْكِيْرِهِ، تَقُوْلُ قَامَ زَيْدٌ
اْلعَاقِلُ وَرَأَيْتُ زَيْدًا اْلعَاقِلَ وَمَرَرْتُ بـِزَيْدٍ
اْلعَاقِلِ.
Na'at/Sifat Ialah lafazh yang mengikuti kepada makna lafazh yang
diikutinya, baik dalam hal rafa', nashab, khafadh/jar, ma'rifat maupun
nakirah-nya. Seperti Anda mengatakan : Telah berdiri Zaid yang
berakal telah, aku telah melihat Zaid yang berakal dan Aku telah bersua
dengan Zaid yang berakal .
وَاْلمَعْرِفَةُ خَمْسَةٌ أَشْيَاءَ الاِسْمُ اْلمُضْمِرُ نَحْوُ أَنَا
وَأَنْتَ وَاْلاِسْمُ اْلعَلَمُ نَحْوُ زَيْدٍ وَمَكَّةَ وَاْلاِسْمُ
اْلمُبْهَمُ نَحْوُ هَذَا وَهَذِهِ وَهَؤُلاَءِ وَالاِسْمُ الذِى فِيهِ
اْلاَلِفُ واللاَّمُ نَحْوُ الرَّجُلُ وَاْلغُلاَمُ وَمَا أُضِيْفَ إِلَى
وَاحِدٍ مِنْ هَذِهِ اْلأَرْبَعَةِ.
Isim ma'rifat itu ada lima macam, yaitu:
1. Isim Mudhmar, seperti lafazh : Saya dan kamu.
2. Isim 'Alam (Nama), seperti lafazh : Zaid ( Nama orang), Mekkah ( Nama kota ).
3. Isim Mubham ( Misteri ), seperti lafazh : ini mudzakkar (L) ,
ini muannats (P), ini untuk semua yang jamak mudzakkar (JL).
4. Isim yang ada huruf alif lam, seperti lafazh, (Arrajul) Seorang Laki-laki, ( Algulam ) seorang pelayan.
5. Isim yang di-idhafat-kan kepada salah satu diantara yang empat
bagian ini ( Yaitu isim mudhmar, isim 'alam, isim mubham, dan isim
yang diberi alif dan lam).
وَالنَّكِرَةُ كُلُّ اسْمٍ شَائِعٍ فِي جِنْسِهِ لاَ يَخْتَصُّ بهِ
وَاحِدٌ دُوْنَ آخَرَ. وَتَقْرِيْبُهُ كُلُّ مَا صَلَحَ دُخُوْلُ اْلأَلِفِ
وَللاَّمِ عَلَيْهِ نَحْوُ الرَّجُلِ وَاْلفَرَسِ.
Isim nakirah : Ialah setiap isim yang jenisnya bersifat umum yang
tidak menentukan sesuatu perkara dan lainnya. Singkatnya ialah, setiap
isim yang layak dimasuki alif dan lam, Contoh lafazh : (Arrajul) Seorang
Laki-laki, ( Algulam ) seorang pemuda.
بَابُ اْلعَطَفِ
* وَحُرُوْفُ اْلعَطَفِ عَشَرَةٌ وَهِيَ اْلوَاوُ وَاْلفَاءُ وَثُمَّ
وَأَوْ وَأَمْ وَإِمَّا وَبَلْ وَلاَ وَلَكِنْ وَحَتَّى فِي بَعْضِ
اْلمَوَاضِعِ. فَإِنْ عَطَفْتَ بـِهَا عَلَى اْلمَرْفُوْعِ رَفَعْتَ أَوْ
عَلَى مَنْصُوْبٍ نَصَبْتَ أَوْ عَلَى مَخْفُوْضٍ خَفَضْتَ أَوْ عَلى
مَجْزُوْمٍ جَزَمْتَ، تَقُوْلُ قَامَ زَيْدٌ وَعَمْرٌو وَرَأَيْتُ زَيْدًا
وَعَمْرًا وَمَرَرْتُ بـِزَيْدٍ وَعَمْرٍو وَزَيْدٌ لَمْ يَقُمْ وَلَمْ
يَقْعُدْ.
‘Athaf
Huruf 'athaf ada sepuluh, yaitu sebagai berikut: Dan, lalu,
kemudian, atau, atau ( diragukan ), dan ( memilih ), melainkan, tidak,
hingga ( pada sebahagian tempat.
Apabila Anda meng-'athaf-kan kepada lafazh yang di-rafa'-kan,
berarti Anda me-rafa'-kan pula ma'thuf-nya, atau meng-'athaf-kan kepada
lafazh yang di-nashab-kan, berarti Anda me-nashab-kan pula ma'thuf-nya,
atau meng-'athaf-kan kepada lafazh yang di-khafadh-kan, berarti Anda
meng-khafadh-kan pula ma'thuf-nya, atau meng-'athaf-kan kepada lafazh
yang di-jazm-kan; berarti Anda men-jazm-kan pula ma'thuf-nya, seperti
perkataan : Telah berdiri Zaid dan 'Amr , dan aku telah melihat Zaid dan
'Amr ,dan aku telah bersua dengan Zaid dan 'Amr , Zaid tidak berdiri
dan tidak pula duduk .
بَابُ التَّوْكِيْدِ
* التَّوْكـِيْدُ تَابـِعٌ لِلْمُؤَكَّدِ فِي رَفْعـِهِ وَنَصْبـِهِ
وَخَفْضِهِ وَتَعْرِيْفِهِ. وَيَكُوْنُ بـِأَلْفَاظٍ مَعْلُوْمَةٍ وِهِيَ
النَّفْسُ وَاْلعَيْنُ وَكُلُّ وَأَجْمَعُ وَتَوَابِعُ أَجْمَعَ وَهِيَ
اَكْتَعَ وَابْتَعَ وَاَبْصَعَ تَقُوْلُ قَامَ زَيْدٌ نَفْسُهُ وَرَأَيْتُ
اْلقَوْمَ كُلُّهُمْ وَمَرَرْتُ بـِالقَوْمِ أَجْمَعـِيْنَ.
Taukid
Taukid ( penguat ) mengikuti lafazh yang ditaukidkan (diperkuat),
baik dalam posisi rafa’, nashab, kafadz/jar, ataupun ma’rifahnya.
Taukid itu dengan memakai lafazh-lafazh yang telah ditentukan, yaitu:
Lafazh : Nafsu (sendiri), 'ain (sendiri), kullu (semua), ajma'u
(seluruh), dan Lafazh yang mengikuti Lafazh ajma'u, yakni : akta'u,
abta'u, absha'u ( semua) seperti dalam contoh : Zaid telah berdiri
sendiri, aku telah melihat kaum itu semuanya, dan aku telah bersua
dengan seluruh kaum itu.
بَابُ اْلبَدَلِ
إِذَا أُبْدِلَ اسْمٌ مِنْ اسْمٍ أَوْ مِنْ فِعْلٍ تَبـِعَهُ فِي
جَمِيْعِ إِعْرَابـِهِ، وَهُوَ أَرْبَعَةُ أَقْسَامٍ بَدَلُ الشَّيْئِ مِنَ
ِالشَّيْئِ وَبَدَلُ اْلبَعْضِ مِنَ اْلكُلِّ وَبَدَلُ اْلاِشْتِمَالِ
وَبَدَلُ اْلغَلَطِ نَحْوُ قَوْلِكَ قَامَ زَيْدٌ أَخُوْكَ وَأَكَلْتُ
الرَّغِيْفَ ثُلُثَهُ وَنَفَعَنِي زَيْدٌ عِلْمُهُ وَرَأَيْتُ زَيْدًا
الفَرَسَ أَرَدْتَ أَنْ تَقُوْلَ الفَرَسَ فَغَلَطْتَ فَأَبْدَلْتَ زَيْدًا
مِنْهُ.
Badal
Apabila isim diganti oleh isim atau fi'il diganti oleh fi'il, maka
dalam hal seluruh i'rab-nya harus mengikuti mubdal minhu-nya. Dan Badal
itu terbagi empat bagian, yaitu: 1). Badal Syai Min Syai, disebut juga
badal kul minal kul ( semua). 2). Badal ba'dh Min kul, ( badal sebagian
dari semua ), 3). Badal isytimal, ( mencakup) dan 4). Badal
ghalath (keliru/salah). Seperti perkataan : Telah berdiri si Zaid yakni
saudaramu, Aku telah memakan roti, yakni sepertiganya, Zaid telah
bermanfaat bagiku, yakni ilmunya, dan aku telah melihat si Zaid, yakni
kuda. Sebenarnya yang kamu inginkan adalah mengatakan bahwa anda melihat
kuda, tapi kamu keliru dalam ucapan, kemudian kamu ganti lafadz zaid
dengan kuda.
بَابُ مَنْصُوْبَاتِ اْلأَسْمَاءِ
* اَلْمَنْصُوْبَاتُ خَمْسَةَ عَشَرَ وَهِيَ اَلْمَفْعُوْلُ بـِهِ
وَاْلمَصْدَرُ وَظَرْفُ الزَّمَانِ وَظَرْفُ اْلمَكَانِ وَاْلحَالُ
وَالتَّمْيـِيْزُ وَاْلمُسْتَثـْنَى وَاسْمُ لاَ وَاْلمُنَادَى
وَاْلمَفْعُوْلُ مِنْ أَجْلِهِ وَاْلمَفْعُوْلُ مَعَهُ وَخَبَرُ كَانَ
وَاَخَوَاتِهَا وَاسْمُ إِنَّ وَأَخَوَاتِهَا وَالتَّابـِعُ لِلْمَنْصُوْبِ
وَهِيَ أَرْبَعَةُ أَشْيَاءَ النَّعْتُ وَاْلعَطَفُ وَالتَّوْكـِيْدُ
وَاْلبَدَلُ.
Isim-Isim Yang Di-Nashab-Kan
Isim-isimya yang di-nashab-kan ada 15 macam, yaitu: maf'ulun bihi
(objek), mashdar (kata jadian), zharaf zaman (keterangan waktu), zharaf
makân (keterangan tempat), hâl (keadaan), tamyiz (pengistimewaan),
mustatsna (pengecualian), isim lâ (peniadaan), munâda (panggilan),
khabar kâna dan saudara-saudaranya, isim inna dan saudara-saudaranya,
dua maf'ul, yaitu zhanna dan saudara-saudaranya, maf'ul min ajlih (
Objek-Untuk), maf'ul ma'ah ( Obejk-Kebersamaan), dan lafazh yang
mengikuti kepada lafazh yang di-nashab-kan, yaitu ada empat macam:
na'at, 'athat; taukid dan badal.
بَابُ اْلمَفْعُوْلُ بهِ
* وَهُوَ اْلاِسْمُ اْلمَنْصُوْبُ الذِي يَقَعُ بـِهِ اْلفِعْلُ نَحْوُ
قَوْلِكَ ضَرَبْتُ زَيْدًا وَرَكِبْتُ اْلفَرَسَ، وَهُوَ قِسْمَانِ
ظَاهِرٌ وَمُضْمِرٌ. فَالظَّاهِرُ مَا تَقَدَّمَ ذِكْرُهُ، وَاْلمُضْمِرُ
قِسْمَانِ مُتَّصِلُ وَمُنْفَصِلٌ. فَالمُتَّصِلُ اِثـْنَا عَشَرَ وَهِيَ
ضَرَبَنِي وَضَرَبَنَا وَضَرَبَكَ وَضَرَبَكِ وَضَرَبَكُمَا وَضَرَبَكُمْ
وَضَرَبَكُنَّ وَضَرَبَهُ وَضَرَبَهَا وَضَرَبَهُمَا وَضَرَبَهُمْ
وَضَرَبَهُنَّ.
وَاْلمُنْفَصِلُ اِثْنَا عَشَرَ وَهِيَ إِيَّايَ وَإِيَّانَا
وَإِيَّاكَ وَإِيَّاكِ وَإِيَّاكُمَا وَإِيَّاكُمْ وَإِيَّاكُنَّ
وَإِيَّاهُ وَإِيَّاهَا وَإِيَّاهُمَا وَإِيَّاهُمْ وَإِيَّاهُنَّ.
Maf’ulun bihi
Maf’ulun bihi ialah, isim yang manshub yang menjadi sasaran
perbuatan (objek). Seperti perkataan : Aku telah memukul Zaid, aku
telah menunggang kuda.
Maf'ul bihi itu terbagi dua bagian, yaitu maf'ul bih yang zhahir dan
maf'ul bih yang mudhmar. Adapun maf'ul bih yang zhahir telah
dikemukakan penjelasannya, sedangkan maf'ul bih yang mudhmar dhamir
terbagi lagi menjadi dua bagian, yaitu dhamir muttashil dan dhamir
munfashil.
Dhamir muttashil ada dua belas macam, yakni : dia laki-laki telah
memukulku, dia laki-laki telah memukul kami, dia laki-laki telah
memukulmu L, dia laki-laki telah memukulmu P, dia laki-laki telah
memukul kamu berdua, dia laki-laki telah memukul kalian ssemua L, dia
laki-laki telah memukul kalian semua P, dia laki-laki telah
memukulnya L, dia laki-laki telah memukulnya P, dia laki-laki
telah memukul mereka berdua, dia laki-laki telah memukul mereka semua
L, dia laki-laki telah memukul mereka semua P.
Dhamir munfashil pun ada dua belas macam, yakni : kepadaku, kepada
kami, kepadamu L, kepadamu P, kepada kamu berdua, kepada kalian L,
kepada kalian P, kepadanya L, kepadanya P, kepada mereka berdua, kepada
mereka L, kepada mereka P.
بَابُ اْلمَصْدَرِ
* اَلْمَصْدَرُ هُوَ اِسْمُ اْلمَنْصُوْبُ الَّذِي يَجِيْئُ ثَالِثًا
فِي تَصْرِيْفِ اْلفِعْلِ نَحْوُ ضَرَبَ يَضْرِبُ ضَرْبًا. وَهُوَ
قِسْمَانِ لَفْظِيٌّ وَمَعْنَوِيٌّ. فَإِنْ وَافَقَ لَفْظُهُ لَفْظَ
فِعْلِهِ فَهُوَ لَفْظِيٌّ نَحْوُ قَتَلْتُهُ قَتْلاً، وَإِنْ وَافَقَ
مَعْنَى فِعْلِهِ دُوْنَ لَفْظِهِ فَهُوَ مَعْنَوِيٌّ نَحْوُ جَلَسْتُ
قُعُوْدًا وَقُمْتُ وُقُوْفًا وَمَا أَشْبَهَ ذَلِكَ.
Mashdar
Mashdar ialah isim manshub yang dalam tashrif-an fi'il jatuh pada
urutan ketiga, seperti pada contoh : Telah memukul, sedang memukul,
pukulan.
Mashdar itu ada dua bagian, yaitu mashdar lafzhi dan mashdar ma'nawi.
Apabila lafazh mashdar itu sesuai serupa dengan lafazh fi'il-nya,
maka disebut mashdar lafzhi, seperti pada contoh: aku telah membunuh
dia dengan sebenar-benarnya. Dan apabila mashdar itu sesuai dengan
fi'il-nya dalam hal maknanya saja tanpa lafazhnya, maka disebut mashdar
ma'nawi, Aku telah duduk dengan sebenar-benarnya ; dan Aku telah berdiri
dengan sebenar-benarnya, dan contoh lain yang seperti itu. .
بَابُ ظَرْفِ الزَّمَانِ وَظَرْفِ اْلمَكَانِ
* ظَرْفُ الزَّمَانِ هُوَ اِسْمُ الزَّمَانِ اْلمَنْصُوْبُ
بـِتَقْدِيْرِ فِي، نَحْوُ اَلْيَوْمَ وَالَّليْلَةَ وَغُدْوَةً وَبُكْرَةً
وَسَحَرًا وَغَدًا وَعَتَمَةً وَصَبَاحًا وَمَسَاءً وَأَبَدًا وَأَمَدًا
وَحِيْنًا وَمَا أَشْبَهَ ذَلِكَ.
Zharaf Zaman dan Zharaf Makan
Zharaf Zaman ialah, isim zaman (waktu) yang di-nashab-kan dengan
memperkirakan adanya makna fî pada/dalam pada kalimatnya, seperti
lafazh : Pada hari ini, pada malam ini, pagi hari, waktu pagi, pada
waktu sahur, besok, waktu soreKatau waktu Isya, pada waktu subuh, pada
waktu sore, selamanya, ketika , dan lafazh yang menyerupainya.
* وَظَرْفُ اْلمَكَانِ هُوَ اِسْمُ اْلمَكَانِ اْلمَنْصُوْبُ
بـِتَقْدِيْرِ فِي، نَحْوُ أَمَامَ وَخَلْفَ وَقُدَّامَ وَوَرَاءَ وَفَوْقَ
وَتَحْتَ وَعِنْدَ وَمَعَ وَإِزَاءَ وَحِذََاءَ وَتِلْقَاءَ وَهَهُنَا
وَهُنَا وَثُمَّ وَمَا أَشْبَهَ ذَلِكَ.
Zharaf makân ialah : Isim makân (tempat) yang di-nashab-kan dengan
memperkirakan makna fî pada/dalam , seperti lafazh : di depan,
di belakang, di depan, di belakang, di atas, di bawah,
di dekat atau di sisi, beserta, di muka atau di depan,
di dekat, di hadapan, di sini, di sana, dan lafazh yang
menyerupainya.
بَابُ اْلحَالِ
* اَلْحَالُ هُوَ اْلاِسْمُ اْلمَنْصُوْبُ اْلمُفَسِرُ لِمَا انْبَهَمَ
مِنَ اْلهَيْئَةِ، نَحْوُ قَوْلِكَ جَاءَ زَيْدٌ رَاكِبًا، وَرَكِبْتُ
اْلفَرَسَ مُسَرَّجًا وَلَقِيْتُ عَبْدَ اللهِ رَاكِبًا وَمَا أَشْبَهَ
ذَلِكَ. وَلاَ يَكُوْنُ اْلحَالُ إِلاَّ نَكِرَةً وَلاَ يَكُوْنُ إِلاَّ
بَعْدَ تَمَامِ اْلكَلاَمِ وَلاَ يَكُوْنُ صَاحِبُهَا إِلاَّ مَعْرِفَةً.
Hâl
Hâl ialah : Isim manshub yang memberikan keterangan keadaan yang
samar, seperti dalam contoh : Zaid telah datang dengan berkendaraan,
dan aku telah menunggang kuda dengan berpelana, aku telah bertemu
'Abdullah dengan berkendaraan. Dan lafazh yang menyerupainya.
Hâl tidak akan terjadi, kecuali dengan isim nakirah dan tidak pula
terjadi kecuali sesudah kalam sempurna yakni, hâl itu tidak terjadi pada
pertengahan kalam dan tidak terjadi shâhibul hâl/pelaku hâl, kecuali
harus isim ma'rifat.
بَابُ التَّمْيـِيْزِ
* اَلتَّمْيـِيْزُ هُوَ اْلاِسْمُ اْلمَنْصُوْبُ اْلمُفَسِّرُ لِمَا
انْبَهَمَ مِنَ الذَّوَاتِ نَحْوُ قَوْلِكَ تَصَبَّبَ زَيْدٌ عَرَقًا
وَتَفَقَّأَ بَكْرٌ شَحْمًا وَطَابَ مُحَمَّدٌ نَفْسًا وَاشْتَرَيْتُ
عِشْرِيْنَ غُلاَمًا وَمَلَكْتُ تِسْعـِيْنَ نَعْجَةً وَزَيْدٌ أَكْرَمُ
مِنْكَ أَبًا وَأَجْمَلُ مِنْكَ وَجْهًا. وَلاَ يَكُوْنُ إِلاَّ نَكِرَةً
وَلاَ يَكُوْنُ إِلاَّ بَعْدَ تَمَامِ اْلكَلاَمِ.
Tamyiz
Tamyiz ialah isim manshub yang berfungsi menjelaskan dzat yang
samar, seperti dalam contoh perkataan di bawah ini : Zaid mencucurkan
keringat, Bakar menurunkan lemak tubuhnya, Muhammad baik orangnya, aku
telah membeli dua puluh orang pelayan atau budak, aku telah memiliki
sembilan puluh ekor kambing, ayah Zaid lebih mulia dari pada kamu, dan
wajahnya parasnya lebih cantik dari pada kamu. Tamyiz tidak akan
terjadi, kecuali harus dengan isim nakirah dan tidak akan terjadi pula,
kecuali sesudah kalamnya sempurna.
بَابُ اْلاِسْتِثـْنَاءِ
* وَحُرُوْفُ اْلاِسْتِـثـْنَاءِ ثَمَانِيَةٌ وَهِيَ إِلاَّ وَغَيْرُ
وَسِوًى وَسُوًى وَسَوَاءٌ وَخَلاَ وَ عَدَا وَ حَاشَا. فَالْمُسْتَثـْنَى
بـِإِلاَّ يُنْصَبُ إِذَا كَانَ اْلكَلاَمُ تَامًّا مُوْجَبًا نَحْوُ قَامَ
اْلقَوْمُ إِلاَّ زَيْدًا وَخَرَجَ النَّاسُ إِلاَّ عَمْرًا. وَإِنْ كَانَ
اْلكَلاَمُ مَنْفِيًّا تَامًّا جَازَ فيهِ اْلبَدَلُ وَالنَّصْبُ عَلَى
اْلاِسْتِثـْنَاءِ نَحْوُ مَا قَامَ اْلقَوْمُ إِلاَّ زَيْدٌ وَإِلاَّ
زَيْدًا. وَإِنْ كَانَ اْلكَلاَمُ نَاقِصًا كَانَ عَلَى حَسَبِ
اْلعَوَامِلِ نَحْوُ مَا قَامَ إِلاَّ زَيْدٌ وَمَا ضَرَبْتُ إِلاَّ
زَيْدًا وَمَا مَرَرْتُ إِلاَّ بـِزَيْدٍ. وَاْلمُسْتَثـْنَى بـِغَيْرِ
وَسِوًى وَسُوًى وَسَوَاءٍ مَجْرُوْرٌ لاَ غَيْرُ. وَاْلمُسْتَثـْنَى
بـِخَلاَ وَ عَدَا وَحَاشَ يَجُوْزُ نَصْبُهُ وَجَرُّهُ نَحْوُ قَامَ
اْلقَوْمُ خَلاَ زَيْدًا وَزَيْدٍ وَعَدَا عَمْرًا وَعَمْرٍو وَحَاشَا
بَكْرًا وَبَكْرٍ.
ISTITSNA
Huruf istitsna ada delapan macam, yaitu sebagai berikut : Kecuali,
selain, ( siwa’, suwan, dan sawa’un ) bermakan selain, khala, ‘ada, dan
hasya juga bermakna selain.
Lafazh yang di-istitsna dengan illâ harus di-nashab-kan bilamana
keadaan kalamnya bersifat sempurna dan mujab. Seperti : telah berdiri
kaum itu kecuali si Zaid, Telah keluar manusia itu kecuali ‘amar.
Apabila kalam-nya ternyata tam/sempurna lagi manfi di- nafi-kan ,
maka lafazh mustatsna-nya boleh di-nashab-kan karena istitsna dan boleh
di-badal-kan bergantung kepada i'rab mustatsna minhu-nya .
Contoh : Tiadalah kaum itu berdiri kecuali Zaid.
Kalau kalamnya itu naqish atau kurang yaitu tidak diterangkan
mustatsna minhu-nya , maka i'rab mustatsna-nya bergantung kepada
amil-nya yang ada, seperti dalam contoh: Tiada yang berdiri kecuali
Zaid, tiada yang kupukul kecuali Zaid, tiadalah aku bersua kecuali
dengan Zaid.
Lafazh yang di-istitsna dengan lafazh ghairu, siwan, suwan, dan
sawâ-in harus di-jar-kan, lain tidak ( sebab menjadi mudhaf ilaih dari
lafazh ghair dan sebagainya ), Lafazh yang di-istitsna oleh khalâ, 'adâ
dan hâsyâ, boleh di-nashab-kan (dengan menganggap khalâ dan sebagainya
sebagai fi'il madhi dan mustatsna maf'ul-nya) dan boleh pula
di-jar-kan ( sebagai mudhaf 'ilaih dari lafazh khalâ dan sebagainya),
seperti dalam contoh : Kaum itu trlah berdiri selain Zaid, selain ‘amar,
dan selain Bakar.
بَابُ لاَ
إِعْلَمْ ! أَنَّ لاَ تَنْصِبُ النَّكِرَاتِ بـِغَيْرِ تَنْوِيْنٍ
إِذَا بَاشَرَتِ النَّكِرَةَ وَلَمْ تَتَكَرَّرْ لا نَحْوُ لاَ رَجُلَ فِي
الدَّارِ فَإِنْ لَمْ تُبَاشِرْهَا وَجَبَ الرَّفْعُ وَوَجَبَ تِكْرَارُ
لاَ نَحْوُ لاَ فِي الدَّارِ رَجُلٌ وَلاَ امْرَأَةٌ. فَإِنْ تَكَرَّرَتْ
جَازَ إِعْمَالُهَا وَإِلْغَاؤُهَا فَإِنْ شِئْتَ قُلْتَ لاَ رَجُلَ فِي
الدَّارِ وَلاَ امْرَأَةَ وَإِنْ شِئْتَ قُلْتَ لاَ رَجُلٌ فِي الدَّارِ
وَلاَ امْرَأَةٌ.
La ( Penafian )
Ketahuilah, bahwa lâ nafi itu me-nashab-kan isim nakirah tidak
me-nashab-kan isim ma'rifat tanpa tanwin dengan syarat : Bilamana lâ
bertemu dengan isim nakirah menjadi isim lâ dan lafazh lâ tidak
berulang-ulang. Contoh : Tiada seorang laki-laki pun di dalam rumah.
Kalau lâ itu tidak bertemu dengan isim nakirah, maka diwajibkan rafa' (
sebab isim nakirah menjadi mubtada yang diakhirkan) dan lâ-nya wajib
berulang-ulang, contoh : Di dalam rumah itu tidak ada laki-laki dan
tidak ada pula wanita. Kalau lâ itu berulang-ulang serta bertemu
dengan isim nakirah , maka dibolehkan mengamalkan lâ yaitu
me-nashab-kan isim nakirah dan boleh pula membiarkannya yakni, tidak
me-nashab-kan isim nakirah . Apabila kamu menghendaki, katakanlah di
dalam rumah itu tidak ada laki-laki dan tidak ada pula wanita ; dan
apabila kamu menghendaki, boleh kamu katakan (dengan memakai harakat
dhammah pada lafazh rajulun dan imra'atun-nya).
بَابُ اْلمُنَ
* اَلمُنَادَى خَمْسَةُ أَنْوَاعٍ : المُفْرَدُ اْلعلَمُ وَالنَّكِرَةُ
اْلمَقْصُوْدَةُ وَالنَّكِرَةُ غَيْرُ اْلمَقْصُوْدَةِ وَاْلمُضَافُ
وَاْلمُشَبَّهُ بـِالمُضَافِ. فَأَمَّا اْلمُفْرَدُ اْلعَلَمُ
وَالنَّكِرَةُ اْلمَقْصُوْدَةُ فَيُبـْنَيَانِ عَلَى الضَّمِّ مِنْ غَيْرِ
تَنْوِيْنٍ نَحْوُ يَا زَيْدُ وَيَا رَجُلُ، وَالثـَّلاَثَةُ اْلبَاقِيَةُ
مَنْصُوْبَةٌ لاَ غَيْرُ.
MUNADA
Munada itu ada lima macam, yaitu: 1). Munada yang berbentuk
mufrad 'alam, 2). Munada yang bersifat nakirah maqshudah, 3).
Munada yang bersifat nakirah ghair maqshudah, 4). Munada yang
berbentuk mudhaf, dan 5). Munada yang diserupakan dengan mudhaf.
Adapun i'rab munada yang berbentuk mufrad 'alam dan yang bersifat
nakirah maqshudah, maka kedua-duanya di-mabni-kan atas harakat dhammah
tanpa memakai tanwin, contoh: Hai Zaid ! ( Mufrad 'alam atau nama
orang), Hai laki-Iaki{(Nakirah maqshudah). Yang tiga macam lagi yaitu :
Munada yang bersifat nakirah ghair maqshudah, yang berbentuk mudhaf dan
yang diserupakan dengan mudhaf , maka harus di-nashab-kan, lain tidak.
بَابُ اْلمَفْعُوْلِ لأَجْلِهِ
* وَهُوَ اْلاِسْمُ اْلمَنْصُوْبُ الَّذِي يُذْكَرُ بَيَانًا لِسَبَبِ
وُقُوْعِ اْلفِعْلِ نَحْوُ قَوْلِكَ قَامَ زَيْدٌ إِجْلاَلاً لِعَمْرٍى
وَقَصَدْتُكَ ابْتـِغَاءَ مَعْرُوْفِكَ.
Maf’ul Min Aj’lih
Maf’ul min aj’lih ialah isim manshub yang dinyatakan sebagai
penjelasan bagi penyebab terjadinya fi’il (perbuatan), contoh : Telah
berdiri si Zaid sebagai penghormatan bagi ‘Amr. Dan aku bermaksud
menemuimu karena mencari kebaikanmu .
بَابُ اْلمَفْعُوْلِ مَعَهُ
* وَهُوَ اْلاِسْمُ اْلمَنْصُوْبُ الَّذِي يُذْكَرُ لِبَيَانِ مَنْ
فُعِلَ مَعَهُ اْلفِعْلُ نَحْوُ قَوْلِكَ جَاءَ اْلأَمِيْرُ وَاْلجَيْشَ
وَاسْتَوَى اْلمَاءُ وَاْلخَبَشَةَ. وَأَمَّا خَبَرُ كَانَ وَأَخَوَاتِهَا
وَاسْمُ إِنَّ وَأَخَوَاتِهَا فَقَدْ تَقَدَّمَ ذِكْرُهُمَا فِي
اْلمَرْفُوْعَاتِ وَكَذَلِكَ التَّوَابـِعُ فَقَدْ تَقَدَّمَتْ هُنَاكَ.
MAF’UL MA’AH
Maf’ul Ma’ah ialah : Isim manshub yang dinyatakan untuk menjelaskan
dzat yang menyertai perbuatan pelakunya. Contohnya, seperti perkataan
berikut : Pemimpin berserta bala tentaranya telah datang, air itu
telah merata beserta kayu.
Adapun khabar kana dan saudara-saudaranya, dan isim inna dan
saudara-saudaranya ( yang semuanya dinashabkan ) maka hal in telah
dikemukakan penjelasannya pada bab isim-isim yang dirafa’kan, demikian
pula tawabi’ ( Yaitu Na’at, ‘athaf, taukid, dan badal ) telah
dikemukakan di atas.
بَابُ اْلمَخْفُوْضَاتِ مِنَ اْلاَسْمَاءِ
* اَلْمَحْفُوْضَاتُ ثَلاَثَةٌ : مَحْفُوْضٌ بـِالْحَرْفِ وَمَحْفُوْضٌ
بـِالإِضَافَةِ وَتَابـِعٌ لِلْمَخْفُوْضِ. فَأَمَّا اْلمَخْفُوْضُ
بـِالحَرْفِ فَهُوَ مَا يُخْفَضُ بـِمِنْ وَإِلَى وَعَنْ وَعَلَى وَفِي
وَرُبَّ وَاْلبَاءِ وَاْلكَافِ وَاللاَّمِ وَحُرُوْفِ اْلقَسَمِ وَهِيَ
اْلوَاوُ وَاْلبَاءُ وَالتَّاءُ وَبِوَاوِ رُبَّ وَمُذْ. وَاَمَّا مَا
يُحْفَضُ بـِالإِضَافَةِ فَنَحْوُ قَوْلِكَ غُلاَمُ زَيْدٍ وَهُوَ على
قِسْمَيْنِ مَا يُقَدَّرُ بـِاللاَّمِ وَمَا يُقَدَّرُ بـِمِنْ. فَالَّذِي
يُقَدَّرُ بـِاللاَّمِ نَحْوُ غُلاَمُ زَيْدٍ وَالَّذِي يُقَدَّرُ بـِمِنْ
نَحْوُ ثَوْبُ خُزٍّ وَبَابُ سَاجٍ وَخَاتَمُ حَدِيْدٍ
Isim Isim Yang Di Jarkan
Lafazh-Iafazh yang di-jar-kan ada tiga macam, yaitu : 1). Lafazh
yang di-jar-kan oleh huruf jar, 2). Lafazh yang di-jar-kan karena
idhafat, 3). Lafazh yang mengikuli kepada lafazh yang di-jar-kan (
Yaitu: na'at, 'athaf, taukid dan badal).
Adapun lafazh yang di-jar-kan dengan huruf, seperti halnya yang
di-jar-kan oleh min, ilâ, 'an, 'alâ, fî, rubba, ba, kaf, lam dan huruf
qasam sumpah , yaitu: wawu, ba dan ta juga dengan mudz dan mundzu.
Adapun yang di-jar-kan oleh idhafat, seperti perkataan : Pelayan
Zaid, (Lafazh ghulam adalah mudhaf, sedangkan lafazh Zaid adalah mudhaf
ilaih).
Idhafat itu terbagi menjadi dua bagian, yaitu:
Idhafat yang diperkirakan mengandung makna lam, dan Idhafat yang
diperkirakan mengandung makna min, Adapun yang yang diperkirakan
mangandung makna lam, seperti contoh : Pelayan Zaid ( Pelayan milik
Zaid ) dan contoh Idhafat yang diperkirakan mengandung makna min, adalah
: Baju sutera atau baju dari sutera, pintu kayu atau pintu dari kayu,
cincin besi atau cincin dari besi ; dan lafazh yang sejenis dengannya.
تمت بحمد الله
كتابة متن الاجرزمية
للإمام العالم العلامة الضهاجي
Tidak ada komentar:
Posting Komentar